6 Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Bahan Alami untuk Sementara. Rasa Ngilunya Berkurang!

  • Bagikan


Setiap anggota tubuh dalam diri kita harus dirawat dengan baik. Nggak terkecuali gigi. Setiap harinya, kita menggunakan gigi untuk menguyah makanan. Jika nggak dibarengi dengan perawatan, gigi lama kelamaan akan rusak dan menyebabkan sakit.

Banyak orang yang telah merasakan kalau sakit gigi adalah sakit yang luar biasa. Mengalami sakit gigi akan menghambat beragam aktivitas seseorang. Bahkan, kualitas tidur seseorang akan terganggu karena sakit gigi. Sakit gigi sebenarnya bisa ditangani dengan bahan-bahan alami atau obat pereda sakit gigi yang ada di rumah lo. Apa saja? Yuk, langsung aja simak cara mengatasi sakit gigi berlubang secara alami dan cepat di bawah ini!

1. Kumurkan air garam secara konsisten sampai gigi yang sakit terasa baikan

cara mengatasi sakit gigi

air garam/Credit: Deposit Photos @duskbabe

Ada beragam cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat, salah satunya adalah menggunakan air garam. Cara ini adalah cara yang paling lumrah dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi sakit gigi. Bisa dikatakan berkumur air garam adalah obat tradisional sakit gigi berdenyut.

Air garam sendiri adalah disinfektan alami yang membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang tersangkut di sela-sela gigi. Makanan atau kotoran tersebutlah yang menyebabkan rasa sakit. Berikut cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit menggunakan air garam:

  • Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat
  • Gunakan untuk berkumur
  • Ulangi proses beberapa kali sampai gigi terasa baikan.

2. Gunakan kompres dingin secara teratur pada bagian luar gigi yang dirasa nyeri. Lakukan pengompresan sampai gigi terasa lebih baik

cara mengatasi sakit gigi dengan cepat

Kompres dingin/Credit: Deposit Photos @piotr_marcinski

Selain air garam, cara mengatasi sakit gigi geraham adalah dengan menggunakan kompres dinginkompres dingin. Kompres sangat efektif terutama untuk menghilangkan rasa sakit karena trauma. Kompres dingin akan berfungsi untuk mengerutkan pembuluh darah di sekitar bagian gigi yang sakit. Hal ini membuat rasa sakit akan sedikit berkurang. Selain itu, kompres juga berguna untuk menyembuhkan peradangan atau bengkak pada bagian gigi yang sakit. Berikut ini cara menggunakan kompres dingin yang baik:

  • Siapkan seplastik kantong es
  • Bungkus es tersebut dengan handuk
  • Tekankan kompres handuk pada area yang sakit selama 20 menit sekali
  • Ulangi proses ini selama beberapa jam sampai sakit gigi mereda

3. Menurut riset, pepermin adalah bahan yang mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan akti oksidan alami. Kombinasikan pepermin dan kantong teh untuk hasil maksimal

cara menghilangkan sakit gigi berlubang secara alami dan cepat

Kantong peppermint/Credit: Deposit Photos @galitskaya

Kantong teh ini jadi cara menghilangkan sakit gigi geraham bawah dan juga meredakan gusi yang sensitif. Menurut riset, pepermin sendiri mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan antioksidan alami.

Untuk menggunakan cara ini, pastikan suhu kantong teh ini nggak terlalu panas, ya. Agar lebih efektif, dinginkan kantong teh biasa dalam freezer dan gunakan secara bergantian dengan kantong teh pepermin.

4. Bawang putih juga terkenal efektif untuk mengatasi sakit gigi. Kamu bisa kunyah bawang putih secara langsung atau buat pasta untuk dioleskan pada bagian yang sakit

cara menghilangkan sakit gigi

Bawang putih/Credit: Deposit Photos @kbuntu

Bawang putih adalah bahan alami yang dikenal memiliki banyak khasiat selama ribuan tahun. Bawang putih sangat efektif untuk melawan bakteri penyebab pembengkakan pada tubuh. Antibakteri dalam bawang putih sendiri berasal dari senyawa allicin yang terkandung di dalamnya.

Selain menghancurkan bakteri-bakteri jahat, senyawa allicin inilah yang akan menghilangkan plak gigi dan juga pereda nyeri saat sakit gigi. Kendati begitu, menggunakan bawang putih bukan cara mengatasi sakit gigi pada anak. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan bawang putih sebagai obat:

  • Hancurkan satu siung bawang putih
  • Buat sejenis pasta dari bawang putih tersebut.
  • Tambahkan sedikit garam pada bawang putih agar lebih efektif
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian yang sakit.
  • Jika masih kurang, coba untuk mengunyah bawang putih segar perlahan-lahan

5. Kunyah daun jambu biji segar secara langsung untuk mengatasi rasa sakit gigi. Daun jambu biji mengandung antimikroba dan antiinflamasi

cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat

Daun jambu biji/Credit: Deposit Photos @nuwatphoto

Kamu pun bisa menggunakan daun jambu biji untuk meredakan sakit gigi. Banyak yang belum tahu sebenarnya daun jambu biji punya khasiat antiinflamasi atau peradangan yang mampu membantu kita menyembuhkan berbagai luka. Selain itu, daun jambu biji juga terkenal mengandung antimikroba yang kerap digunakan untuk perawatan mulut.

Karena khasiat-khasiat di atas, daun jambu biji sangat berguna untuk meredakan rasa sakit gigi. Cara menggunakannya juga mudah. Kamu hanya perlu mengambil beberapa daun jambu biji segar dan mengunyahnya secara langsung. Jika dirasa sulit, kamu bisa hancurkan daun jambu biji dan rebus dalam air mendidih untuk dijadikan obat kumur.

6. Minyak cengkih adalah antiseptik alami yang berguna untuk mengurangi peradangan dan mematikan rasa sakit gigi

cara mengatasi sakit gigi berlubang

Minyak cengkeh/Credit: Deposit Photos @lenyvavsha

Banyak yang belum tahu kalau sebenarnya cengkih telah digunakan sejak lama untuk mengatasi sakit gigi. Cengkih dikenal bisa mengurangi peradangan dan mematikan rasa sakit yang dirasakan. Efek-efek positif tersebut berasal dari senyawa eugenol yang menjadi antiseptik alami. Buat kamu yang pengin coba, berikut cara menggunakan minyak cengkih untuk sakit gigi:

  • Oleskan sedikit minyak cengkih ke bola kapas
  • Oleskan kapas tersebut ke area yang sakit
  • Jika dirasa masih kurang, buat obat kumur dengan menambahkan beberapa tetes minyak cengkih pada air
  • Kombinasikan dua cara tersebut sesuai kebutuhan sampai rasa sakit menghilang.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi sakit gigi secara alami tanpa obat kimia. Gimana menurut kalian SoHip? Semoga saja artikel ini berguna dan membuat kita semua kembali sehat dan bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Aminnn~



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *