Malam Idul Adha di Irak Diguncang Bom Bunuh Diri, 35 Orang Tewas Berserakan di Pasar

  • Bagikan
Malam Iduladha di Irak Diguncang Bom Bunuh Diri, 35 Orang Tewas Berserakan di Pasar - Foto 1


TOPNEWS.MY.ID Insiden bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 35 orang di pasar yang ramai di ibu kota Irak, Baghdad, pada Senin (19/7). Mayat korban pun berserakan di pasar yang penuh dengan masyarakat yang hendak membeli makanan menjelang  Idul Adha.

Dilansir dari AFP, kejadian ini juga melukai lebih dari 60 orang. Jumlah korban tewas dapat bertambah lantaran sejumlah korban luka berada dalam kondisi kritis.

Wanita dan anak-anak termasuk di TOPNEWS.MY.ID korban tewas. Selain itu, sejumlah toko terbakar akibat ledakan.

Menurut pernyataan militer Irak, serangan ini terjadi di pasar Wahailat di kota Sadr.

“Terjadi sebuah serangan teror menggunakan bom rakitan,” bunyi pernyataan Kementerian Dalam Negeri Irak.

Rekaman video yang beredar di media sosial setelah ledakan menunjukkan para korban berlumuran darah dan orang-orang menjerit ketakutan.

Dalam sebuah pesan yang diunggah ke kanal Telegram-nya, kelompok bersenjata ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan tesebut. Mereka mengatakan salah satu pejuangnya meledakkan bom rompi di tengah-tengah kerumunan.

REUTERS

Presiden Irak Barham Salih pun mengecamnya sebagai kejahatan keji. Ia juga telah menyampaikan belasungkawa.

“Mereka menargetkan warga sipil kami di Kota Sadr pada malam  Idul Adha. Mereka tidak rela masyarakat bersukacita, bahkan untuk sesaat,” tulis Salih di Twitter.

“Ini malam Idul Adha yang menyedihkan di Irak. Simpati terdalam dan belasungkawa tulus kami kepada mereka yang kehilangan orang tersayang,” kata Komite Palang Merah Internasional.

Ini ketiga kalinya pada tahun ini sebuah bom menghantam pasar di lingkungan padat penduduk. Pada bulan April, setidaknya 4 orang tewas dalam serangan bom mobil di kota Sadr. Ledakan itu disebabkan oleh bom yang dipasang pada mobil yang diparkir di pasar.

Baghdad sendiri pernah hampir setiap hari diguncang bom. Serangan bom itu telah melambat sejak ISIS kalah di medan perang pada 2017. Meski begitu, serangan tersebut tetap ada.

Baca Juga: 2 Bom Bunuh Diri Guncang Pasar Ramai di Irak, 28 Orang Tewas

Pada bulan Januari, lebih dari 30 orang tewas dalam 2 bom bunuh diri di daerah komersial yang sibuk di pusat Baghdad. Insiden itu menjadi pemboman paling mematikan dalam 3 tahun yang melanda ibu kota Irak.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan