‘The Guardian of Oligarch’, Julukan Baru Presiden Jokowi dari BEM Udayana

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Julukan baru untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi, datang lagi. Kali ini datang dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Udayana, Bali, yang menyematkan julukan “The Guardian of Oligarch” kepada Presiden Republik Indonesia yang tengah berkuasa itu.

Mereka mengunggah kumpulan foto monokrom (hitam-putih) dan Presiden Jokowi layaknya poster film layar lebar dengan tulisan besar ‘The Guardian of Oligarch’ (sang penjaga oligarki) di media sosialnya.

“Dalam umurnya sebentar lagi menginjak angka 76, kehadiran keadilan di muka bumi pertiwi ini semakin luntur. Ketika kebijakan yang dibuat pemerintah malah terkesan tidak menghiraukan kesejahteraan dari rakyatnya,” tulis BEM Udayana di akun Instagram @BEM_Udayana seperti dikutip TOPNEWS.MY.ID, Senin (19/7/2021).

Dalam unggahannya itu, BEM Udayana menyoroti sejumlah isu soal RUU KPK hingga UU Cipta Kerja era Jokowi. “RUU KPK yang membuat koruptor bebas melalang buana, UU Cipta Kerja yang mengutamakan kepentingan korporat dan menginjak-injak lingkungan, represi kebebasan sipil yang seharusnya merupakan hal tabu dalam sebuah negara demokrasi, dan masih banyak lagi,” katanya.

Selain itu, mereka juga menyoal pelemahan KPK dan adanya buzzer yang digunakan untuk kepentingan tertentu elite politik.

“Ketika semua tragedi ini terjadi, masyarakat mempertanyakan keberpihakan pemerintah sebagai wakil rakyat yang dipercayai oleh masyarakatnya sendiri untuk menjunjung keadilan di negeri tercinta ini. Namun naas, pemerintah dirasa sudah mabuk dengan kekuasaan yang mereka miliki,” sebut BEM Udayana.

“Ketika semua langkah yang diambil pemerintah memiliki bayangan para oligark busuk di belakangnya, maka sudah jelaslah peran para penguasa tersebut sebagai The Guardian Of Oligarch,” tegasnya.

Unggahan poster “The Guardian of Oligarch” ini mendapat like 4 ribu lebih dan sudah di-retweet sebanyak seribu lebih.

Sebagai pengingat, sebelumnya ada BEM Universitas Indonesia yang memberi gelar Presiden Jokowi “The King of Lip Service”. Lalu, Aliansi Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang memberikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi sebagai juara umum lomba “Ketidaksesuaian Omongan dengan Kenyataan”.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan