Makanan dan Minuman yang Diminum Orang Berumur Panjang di Dunia Sebelum Tidur

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Setiap daerah memiliki tentu saja kebiasaan, masakan, dan budayanya sendiri yang berbeda, tetapi kelima tempat yang termasuk dalam Blue Zone atau Zona Biru, yaitu Okinawa, Jepang; Sardinia, Italia; Nicoya, Kosta Rika; Ikaria, Yunani; dan Loma Linda, California memiliki beberapa nilai yang sama. Mereka mempertahankan tujuan yang kuat, kebanyakan makan nabati, dan bergerak setiap hari. Tak heran jika penduduk di sana memiliki umur yang panjang, Mereka juga memiliki tingkat stres yang rendah, yang secara alami berarti tidur nyenyak adalah prioritas utama.

Jika Anda termasuk yang susah tidur malam berikut ini beberapa lima tips tidur Zona Biru, apa yang dimakan, diminum, dan dilakukan oleh orang yang berumur panjang di dunia sebelum tidur untuk tidur nyenyak.

1. Menghindari makanan dengan gula tambahan sebelum tidur

Makanan yang dimakan orang-orang di Zona Biru umumnya tidak mengandung gula tambahan, kecuali untuk perayaan. Sebaliknya, di wilayah ini, makan gula bukanlah  kebiasaan, dan orang-orang yang tinggal di sana cenderung sengaja mengonsumsinya.

Ketika berbicara tentang tidur, penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi gula tambahan sebelum tidur berkontribusi pada tidur yang lebih gelisah, terganggu, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur. Ini sebagian besar disebabkan oleh lonjakan dan penurunan gula darah yang biasanya terjadi setelah mengonsumsi gula tambahan.

2. Banyak minum teh hijau

Teh adalah satu-satunya minuman yang diminum orang-orang di Blue Zone (yang lainnya adalah air, kopi, dan anggur merah). “Orang Okinawa merawat teh hijau sepanjang hari—dan teh hijau telah terbukti menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker,” menurut situs web Blue Zones. Salah satu dari banyak manfaat teh hijau adalah tidak menyebabkan kerusakan seperti kopi, namun juga kaya akan antioksidan.

3. Mereka minum anggur merah setelah jam 5 sore dan dalam jumlah sedang

“Saya sangat menyadari penelitian terbaru seputar alkohol yang menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan kemungkinan kanker payudara pada wanita, atau dapat menyebabkan jatuh, kecelakaan mobil, dan kejadian fatal lainnya,” kaa peneliti Zona Biru Dan Buettner. “Tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa di kelima Zona Biru, mereka minum sedikit setiap hari dan itu menambah kualitas hidup mereka,” katanya. Dia menambahkan jika Anda minum sedikit anggur merah dengan makanan nabati, itu akan melipatgandakan penyerapan flavonoid atau antioksidan dan menurunkan kadar kortisol di penghujung hari.

4. Tidak sering makan sebelum tidur.

Di Okinawa, Jepang, mereka berhati-hati untuk menyisakan banyak waktu TOPNEWS.MY.ID waktu makan terakhir mereka hari itu dan saat mereka tidur di malam hari—sebagian besar menjadikan makan malam sebagai makanan terkecil hari itu, dan mereka memakannya di sore hari. “Makanan memicu pelepasan insulin tubuh kita, yang bekerja berlawanan dengan hormon tidur tubuh, melatonin. Makan terlalu banyak atau terlalu dekat dengan tempat tidur dapat mengurangi produksi melatonin tubuh Anda dan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur,” kata ahli Whitney English Tabaie, sebelumnya kepada Well+Good.

5. Makan roti yang terbuat dari biji-bijian.

Tepung putih yang diputihkan tidak memiliki tempat pada menu di Zona Biru, tetapi itu tidak berarti semua roti terlarang. Orang-orang di daerah ini sering makan roti yang dibuat dengan biji-bijian seperti gandum hitam dan jelai, yang mengandung nutrisi dan mineral seperti triptofan dan magnesium; yang pertama membantu meningkatkan kadar serotonin, yang merupakan prekursor produksi melatonin, dan yang terakhir membantu relaksasi dan tidur yang nyenyak.

Baca juga: Tetap Bugar Meski Kurang Tidur, Ini 8 Hal yang Perlu Dilakukan di Pagi Hari



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *