KOPHI dan Benihbaik.com Galang Dana untuk Bantu Wartawan Pemilik UMKM

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI) menggandeng platform digital BenihBaik.com menggalang dana untuk wartawan atau jurnalis terdampak pandemi Covid-19 yang sudah setahun lebih melanda Indonesia.

Sejumlah wartawan terdampak pandemi pun berusaha bertahan hidup ditengah himpitan ekonomi dengan mendirikan Usaha Menengah Kelompok Mikro (UMKM) untuk menghidupi keluarga.

Melihat kondisi tersebut, KOPHI pun tergerak untuk membuat kampanye Peduli Teman Jurnalis bernama Jurnopreneur. Menggandeng Benihbaik.com program Jurnopreneur akan memberi kesempatan dan bantuan permodalan bagi teman-teman jurnalis untuk mengembangkan atau berniat membuka usaha kecil.

Ketua KOPHI, Benny Benke mengatakan, ini bukan pertama kalinya menjalankan aksi sosial terhadap sesama jurnalis. Sejak awal pandemi Covid-19, KOPHI sudah beberapa kali menggalang dana bagi rekan-rekan yang terdampak Covid-19.

“Meski begitu, kami menyadari bahwa masih banyak rekan jurnalis membutuhkan bantuan dalam bentuk yang lain. Seperti, modal usaha agar mereka lebih mandiri,” ujar Benny Benke di Jakarta, Senin (19/7).

Menurut Beny Benke, dibalik kesibukan wartawan menulis berita atau mereportase ada tuntutan untuk menghidupi keluarga. Dengan keahliannya dan kemudian didukung oleh keluarga, para jurnalis ini kemudian mendirikan usaha kecil, ada yang menjual mie ayam, keripik, minuman, mainan, dan juga masakan. Usaha-usaha ini dilakukan untuk menutupi kebutuhan hidup yang semakin bertambah sementara kondisi jurnalis semakin berat.

Andy F Noya, CEO dan Founder BenihBaik.com cukup trenyuh dengan kondisi ini. Ia mengatakan kampanye ini bertujuan mengajak korporasi dan publik untuk terlibat dalam membantu jurnalis terdampak pandemi Covid-19. Selain berisiko tinggi saat melakukan liputan, Andy mengatakan, jurnalis itu juga sebagian besar terdampak secara ekonomi.

“Sebagai jurnalis saya tentu tersentuh dengan usaha positif ini, artinya mereka sadar terdampak, dan tidak tinggal diam, terus berupaya. Kampanye mereka untuk medapatkan modal usaha tentu kami dukung,” jelas Andy F Noya.

Aris Danu Cahyono, jurnalis media online menjadi salah satu contohnya. Saat ini ia bersama istrinya mulai mengembangkan usaha dan berjualan mie ayam.

“Sejak pandemi datang, supaya tidak stres, saya coba mencari kegiatan, berjualan mie ayam, mulai membuat tanaman hidroponik, hingga belajar membuat aneka kue,” beber Aris Danu Cahyono.

(pri)

 

KOMENTAR

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi TOPNEWS.MY.ID. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan