Vagina Gatal Sebelum Menstruasi, Normalkah?

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Punya pertanyaan seputar masalah kewanitaan yang masih mengganjal di pikiran? Mungkin Anda malu untuk mempertanyakan atau mendiskusikannya dengan rekan wanita Anda. Berikut ini pertanyaan seputar kewanitaan berikut jawabannya yang patut Anda simak dilansir Woman’s Health.

1. Apakah normal merasa terangsang saat sedang buang air kecil?

“Ada banyak hal yang membuat wanita terangsang,” kata Kate Holloway, M.D., seorang obgin di Institute for Women’s Health di San Antonio. “Saya tidak akan mengatakan beberapa hal normal atau tidak normal.” Intinya, sedikit pusing saat menabrak kursi tidak akan membahayakan, jadi tidak perlu panik. Tapi jika itu mengganggu Anda, merasa tidak nyaman, atau disertai sensasi terbakar, temui dokter Anda untuk membicarakannya.

2. Mengapa saya haid dua kali dalam sebulan?

Siklus rata – rata wanita berkisar TOPNEWS.MY.ID 25 sampai 35 hari. Kunjungilah dokter jika Anda mengalami menstruasi dalam waktu kurang dari itu, mungkin ada masalah hormonal seperti hipotiroidisme saat bermain, atau Anda mungkin tidak berovulasi. Terbukalah tentang gejala Anda sebelum mengikuti tes secara fisik untuk memastikan apa yang terjadi di tubuh Anda.

3. Selama yoga, bagaimana saya bisa mencegah vagina saya mengeluarkan kentut?

Yakinlah bahwa semacam kentut sama sekali berbeda dengan jenis lainnya. Dalam skenario ini, udara semakin terjebak dalam vagina Anda akibat beberapa pose yoga. Itu terjadi karena otot dasar panggul dan otot perut Anda berkontraksi untuk mendorong udara keluar, kata Holloway.

Oleh karena itu, jangan biarkan udara masuk ke dalamnya. “Pakailah tampon untuk menghalangi vagina sehingga udara tidak masuk atau keluar,” saran Holloway. Kemudian, Anda bebas untuk fokus pada latihan Anda dan bukan pada suara aneh yang berasal dari daerah bawah Anda.

4. Bagaimana supaya jerawat di daerah pubic saya menghilang?

Tonjolan kecil itu kemungkinan bukan jerawat, tapi infeksi dari metode pencukuran rambut pubik Anda yang disebabkan luka karena pisau cukur. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan pisau cukur Anda untuk sementara waktu. Waxing atau lasering bisa jadi pengganti yang aman untuk pencukuran rambut pubik Anda. Jika Anda masih merasa tidak nyaman, kunjungi ginekologis Anda untuk memastikan itu bukan ruam atau infeksi, kata Holloway.

5. Mengapa salah satu bibir labia saya lebih turun dibanding yang lainnya?

“Ini benar – benar hal yang biasa,” kata Holloway. Kebanyakan wanita memiliki labia minora yang tidak simetris, dengan satu bibir menggantung lebih rendah dari yang lain. Jika tidak mengganggu Anda, maka jangan khawatir tentang hal itu. Tapi jika memang demikian, Anda bisa menjelajahi prosedur yang disebut labiaplasty yang akan memperbaiki simetri labia minora Anda, kata Holloway. Sekitar 37 persen pasien labiaplasty memilih alasan estetika, satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine.

6. Mengapa vagina saya gatal sebelum haid?

“Ada perubahan hormonal yang terjadi sepanjang siklus yang bisa menyebabkan kadar estrogen lebih rendah tepat sebelum menstruasi,” kata Holloway. “Itu bisa menyebabkan penipisan kulit vagina, yang bisa membuatnya lebih kering, teriritasi, dan berpotensi gatal.” Jika gatal yang Anda rasakan terlalu parah dan mengerikan, ini bisa lain ceritanya. “Apa pun yang berhubungan dengan perubahan hormon seharusnya tidak mengerikan,” kata Holloway. Jika Anda merasa sangat tidak nyaman, periksakan ke dokter agar Anda tahu apakah Anda sedang mengalami infeksi vagina atau kulit yang berbahaya.

KOMENTAR

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi TOPNEWS.MY.ID. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan