Pasien Isoman Covid-19 bisa Manfaatkan Layanan Telemedicine Gratis

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Sejumlah dokter yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia berinisiatif memberi layanan konsultasi kesehatan jarak jauh atau telemedicine secara gratis bagi para penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Salah seorang dokter pemberi layanan telemedicine yang berdomisili di Kota Semarang Noverian Yoshua di Semarang, Minggu, mengatakan para dokter ini menggunakan saluran media sosial mulai dari Whatsapp, Telegram, serta Instagram dalam memberi konsultasi kesehatan. “Ini merupakan salah satu bantuan bagi masyarakat yang tidak menjalani perawatan di fasilitas kesehatan yang tersedia dan  menjalani isolasi mandiri,” katanya.

Menurut dia, terdapat sejumlah ketentuan dalam layanan konsultasi secara daring ini, seperti pasien dapat menghubungi melalui nomor Whatsapp atau akun Instagram yang tersedia sesuai dengan waktu konsultasi yang telah ditentukan “Kami tidak melayani konsultasi melalui telepon atau panggilan video, kecuali dokter meminta. “Kami tidak menuliskan resep dan tidak memberikan atau mengirimkan obat ke pasien,” lanjut lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro itu.

Ia menambahkan jika dari hasil konsultasi yang dilakukan ternyata kondisi pasien mengkhawatirkan, disarankan segera ke rumah sakit. “Jadi kami ini semacam tempat ‘curhat’ untuk para pasien yang sedang isoman,” katanya.

Informasi kontak para dokter yang menyediakan layanan konsultasi daring gratis tersebut, kata dia, untuk sementara baru disebarkan dari mulut ke mulut serta diunggah di sejumlah akun Instagram yang menyediakan informasi tentang perkembangan penanganan Covid-19. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : TOPNEWS.MY.ID



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *