Toyota Avanza Terbaru akan Punya Varian Hybrid?

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Rumor tentang rencana peluncuran Toyota Avanza generasi ketiga terus menguat. Selain dari persaingan yang semakin ketat, Avanza generasi kedua yang saat ini dipasarkan sudah berusia cukup tua, 10 tahun.

Sementara itu, rival seperti Honda, Mitsubishi, Suzuki, dan Wuling terus menggempur Avanza dengan model yang lebih baru.

Mengutip Wapcar.my, Avanza generasi ketiga disebut akan meluncur pada November tahun ini. Jika benar, besar kemungkinan kembaran Daihatsu Xenia ini akan mengadopsi mobil konsep DN Multisix yang dipamerkan di GIIAS 2017 dan Tokyo Motor Show 2017. 

Rumor tentang Avanza generasi ketiga ini juga semakin panas dengan spekulasi bahwa Toyota Indonesia akan menambahnya dengan varian hybrid. Petinggi Toyota Indonesia dalam berbagai kesempatan menyinggung soal rencana produksi mobil hybrid ini.

Pada 9 April 2021, Presiden Direktur PT TMMIN, Warih Andang Tjahjono, mengatakan bahwa Toyota Indonesia akan memproduksi mobil hybrid mulai tahun 2022. Produksi akan dilakukan di fasilitas perakitan Toyota di Karawang, Jawa Barat. 

Mobil konsep Daihatsu DN Multisix dipamerkan di Tokyo Motor Show, Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto

"Mobil hybrid Toyota made in Indonesia ini nanti tidak hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar ekspor," kata Warih dalam konferensi pers 50 Tahun Toyota di Indonesia secara online di kanal YouTube Toyota Indonesia, Jumat, 9 April 2021.

Sayangnya, belum dijelaskan mobil hybrid apa yang akan diproduksi di Indonesia nanti.

Sebelumnya pada Desember 2020 petinggi TMMIN sudah memberikan sinyal bahwa Indonesia akan menjadi basis produksi mobil hybrid.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azzam, mengatakan bahwa TMMIN akan memproduksi model elektrifikasi mulai tahun 2022. Model itu bisa saja benar-benar baru atau model yang sudah ada kemudian diberi teknologi hybrid.

“Disesuaikan dengan kebutuhan dan regulasi, mana yang paling cocok untuk Indonesia,” kata Bob seperti dikutip dari TOPNEWS.MY.ID, 16 Desember 2020. 

Mengacu pada keterangan Bob, model yang dimaksud bisa saja Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova. Keduanya merupakan model yang lahir di Indonesia dan sudah diekspor ke lebih dari 80 negara di berbagai benua. 

Keterangan Bob tersebut sejalan dengan rencana Toyota Motor Corporation yang akan menyiapkan 10 jenis mobil elektrifikasi untuk pasar Indonesia dalam lima tahun ke depan. Bisa jadi, satu di antaranya merupakan Toyota Avanza hybrid. 

Baca juga: Toyota Avanza dan Kijang Innova Berpeluang Pakai Teknologi Hybrid



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan