Vaksinasi untuk Usia 12-17 Tahun Sudah Capai 153 Ribu
 Anak

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini telah memberikan izin untuk anak usia 12 sampai 17 tahun divaksinasi menggunakan vaksin Sinovac. Saat ini, vaksinasi untuk anak usia sekolah tersebut sudah mencapai angka 153 ribu.

“Saat ini sudah ada 153 ribu anak yang mendapatkan vaksinasinya,” kata Jubir Vaksin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi melalui telekonferensi pers Survei Nasional P2G, Minggu (11/7).

Adapun, jumlah anak rentang usia 12-17 tahun sekitar 20 juta, baik di jenjang pendidikan formal maupun tidak berada di jenjang pendidikan. Untuk itu, vaksin yang sudah dialokasikan berjumlah 20 juta dan akan terus ditambah. “Jadi kita sudah mengalokasikan kurang lebih 20 juta (vaksin Sinovac),” tambahnya.

Menurut dia, vaksinasi anak ini merupakan salah satu cara efektif dalam melindungi anak dari penularan Covid-19. Apalagi kasus Covid-19 pada anak, Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia.

Baca Juga: BEM Unnes Sebut Puan ‘The Queen of Ghosting’, Ini Kata Demokrat

Baca Juga: Ini Sanksi Pidana Bagi Pelanggar PPKM Darurat

Dia pun meminta agar dinas pendidikan (disdik) di daerah untuk berkoordinasi dengan dinas kesehatan (Dinkes) setempat dalam melakukan vaksinasi.  “Kunci vaksinasi dunia pendidikan adalah bagaimana koordinasi dan kolaborasi Dinkes dan Disdik di kabupaten kota,” ucap Nadia.

Upaya juga perlu dilakukan oleh sekolah, yakni melakukan pendataan kepada siswanya, karena disdik memerlukan data untuk melakukan vaksinasi. “Saat ini kita mengakselerasi vaksinasi kepada anak-anak, menunggu juga kerjasama dari sekolah-sekolah untuk memastikan, dan sasaran 12 sampai 17 tahun tadi melalui pendataan yang ada di sekolah-sekolah,” tandas dia.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan