Rekor Membanggakan 2 Pemain Juventus di Euro 2020

  • Bagikan
Italy


“Sempurna setelah Italia kalahkan Inggris lewat adu penalti. Bonucci-Bernardeschi sukses jadi eksekutor.”

TOPNEWS.MY.ID – Juventus punya dua rekor membanggakan di Euro 2020. Pertama, pencetak gol terbanyak atas nama Cristiano Ronaldo. Kedua, pemain tertua yang mencetak gol di final, yaitu Leonardo Bonucci 34 tahun 71 hari.

Gol yang membuat Italia menyamakan kedudukan 1-1 dan berlanjut ke perpanjangan waktu dan adu penalti itu melewat catatan Bernd Hoelzenbein pada Euro 1976. Pemain Jerman Barat itu berusia 30 tahun 103 hari ketika menjebol jala Cekoslovakia untuk membuat skor imbang 2-2.

Sama seperti Bonucci di Euro 2020, Jerman Barat juga sempat tertinggal sebelum memaksakan pertandingan hingga perpanjangan waktu dan adu penalti. Bedanya, Cekoslovakia unggul 2-0 terlebih dulu sebelum diperkecil 2-1 dan disamakan 2-2.

Kemudian, di babak tos-tosan, Jerman Barat harus menyerah 3-5 setelah Uli Hoeness gagal menjebol jala Ivo Viktor, sementara semua eksekutor Cekoslovakia berhasil menakhlukkan Sepp Maier. Itu adalah final yang dikenal ketika Antonin Panenka memperkenalkan eksekusi penalti yang ikonik.

Bedanya, Italia mampu menyelasaikan pertandingan dengan kemenangan adu penalti. Gli Azzurri unggul 3-2. Dua eksekutor Italia, Andrea Belotti dan Jorginho gagal. Sementara Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka menjadi pemain The Three Lions yang gagal.

Prestasi Juventus semakin lengkap karena Ronaldo. Meski Portugal hanya memenangkan satu dari empat pertandingan, Ronaldo mencetak lima gol yang luar biasa dalam 360 menit di lapangan. Lima golnya bisa berarti Ronaldo mengakhiri penantian panjang untuk mendapatkan Sepatu Emas Euro atau Piala Dunia pertamanya. 

Pasalnya, hingga final berakhir belum ada pemain yang melampaui total lima golnya. Tapi, Ronaldo tidak sendirian dengan lima gol. Patrik Schick dari Republik Ceko bergabung dengan pemenang Ballon d’Or itu. Dia mencetak satu gol saat negaranya kalah 1-2 dari Denmark di perempat final.

Dengan kegagalan Harry Kane menambah pundi-pundi golnya di final, otomatis Ronaldo akan mengalahkan Schick. Itu karena aturan UEFA melihat jumlah assist sang pemain ketika terjadi situasi gol yang sama. Dalam hal ini Ronaldo memproduksi lebih banyak assist dari Schick. 

Faktanya, Ronaldo membuat assist untuk Diogo Jota saat Portugal dikalahkan Jerman 2-4. Sementara Schick sama sekali belum menciptakan assist.

Jika Schick dan Ronaldo memiliki total assist sama, UEFA akan melihat jumlah menit paling sedikit. Itu terbukti ketika Fernando Torres memenangkan Sepatu Emas Euro 2012. Dan, Ronaldo masih unggul atas Schick dalam hal menit bermain. Artinya, Schick yang jadi pemenang.

(andri ananto/anda)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan