Ramai Isu Raja Salman Bawa Eskalator karena Takut Riba, Gus Miftah: Gak Make Sense Banget!



JAKARTA, TOPNEWS.MY.ID – Ketika menjadi bintang tamu di Podcast Daniel Mananta, artis Arie Untung membahas dosa riba.

Ada pun salah satu yang menjadi sorotan adalah pernyataan Arie Untung soal Raja Salman yang datang ke Indonesia membawa eskalator sendiri.

Dalam pernyataannya, Arie Untung menyebut alasan Raja Salman membawa eskalator sendiri untuk turun dari pesawat demi menghindari riba.

Miftaim An’am alias Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah angkat bicara dan meluruskan pernyataan Arie Untung tersebut. Menurutnya, hal itu adalah sesuatu yang tidak masuk akal.

“Satu, Raja Salman turun pakai eskalator itu karena faktor usia dan kesehatan plis deh… Plis… Kalau contohnya riba dengan menggambarkan kedatangan Raja Salman cukup saya katakan tidurmu kurang malam, mainmu kurang jauh, temenmu kurang banyak, kopimu kurang kental. Enggak make sense banget gitu lho,” jelas Gus Miftah dalam program Kamar Rosi yang digelar secara virtual di YouTube KompasTV, Jumat (16/4/2021).

Gus Miftah menyebut kalau riba memang hal yang haram. Ia justru mengandaikan dengan bunga bank yang menurutnya menjadi perdebatan.

“Pertanyaannya adalah apakah bunga bank itu riba? Lah ini yang menjadi perdebatan karena ayatnya adalah Ad’afam mudha’afah. Berlipat-lipat. Nah ulama menafsirkan kalimat berlipat-lipat ini berbeda-beda. Multitafsir. Yang dimaksud berlipat-lipat berapa? 100 persenkah? 1000 persenkah? 500 persenkah? 50 persenkah atau 1 persenkah? Maka kemudian ada ulama yang mengatakan bunga bank tidak riba, sementara lipatannya tidak besar,” kata Gus Miftah.

“Bijaknya adalah memahami semua pendapat itu. Ketika mengambil pendapat, katakanlah riba, yang mana bunga bank tidak riba. Kan punya dasar. Ketika Rosi mengatakan riba juga punya dasar. Di Indonesia yang mahal adalah rasa hormat pada orang yang berbeda pendapat sehingga orang yang berbeda pendapat pasti dianggap musuh,” lanjutnya.

#KamarRosi #RajaSalman #GusMiftah

https://www.youtube.com/watch?v=9iHDwrynB_Y

Respon (22)

  1. arie untung itu ngomong begitu karena dia masih untung….. kalau dia rugi…kebeli tangga aja enggak. nah dia juga muallaf baru… kalo dia merasa keren bahkan di liveshow salah satu tv swasta saja dia didepak kok.. makanya dia terguling guling jatoh dari tangga… senyum nya jadi begitu juga karena ketimpa tangga,,, nahh passss. lihat alisnya saat senyum itu posisi kena tangga.

  2. Aduh2. Coba ambil hikmahnya saja dari perkataan Ari utung soal Riba dengan contoh Raja Salman. Yg intinya kita itu harus hati2 dengan Riba. Cukup jgn dperbersarkan. Jadilah cerdas dan bijak.

  3. Maaf gus.. mungkin gus nya yg salah tafsir.. Yang nama Nya Riba itu pinjem 1 bayar 2.. sebab pengertian Riba, Meminjam dengan bunga atau meminjam tapi pengembalian hrus di lebih kan.. jadi Ayat tentang riba dan dalil dalam Alquran maupun hadist Udah jelas.. BAHWASA NYA PINJAMAN BANK ITU RIBA…. bnyak belajar lagi gus.. sama sama memperbaiki..

  4. Dari Abdullah bin Hanzhalah ghasilul malaikah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan sadar, jauh lebih dahsyat dari pada 36 wanita pezina." (HR. Ahmad).

    Sekian

  5. Trus kalo maen ke rumah orang yg punya utang riba gimana..masa kita ikutan kecipratan dosa riba nya yg bener aja mas apa kabar sama mall yg sering d kunjungimu..tuh pemilik nya bukan gak mungkin punya utang ke bank yg pake riba juga…adeehhh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *