Stok Oksigen RSUP Dr Sardjito Mulai Tipis, Pasokan Tambahan OTW Dari Jabar dan Jatim

  • Bagikan
Stok Oksigen RSUP Dr Sardjito Mulai Tipis, Pasokan Tambahan OTW Dari Jabar dan Jatim


TOPNEWS.MY.ID, Pasokan tambahan oksigen medis tengah didatangkan dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur ke RSUP Dr Sardjito. Pasalnya, fasilitas kesehatan di Sleman, DIY itu kini kembali mengalami kekurangan stok oksigen.

“Iya (stok oksigen RSUP Dr Sardjito menipis). Tapi sudah mau diisi lagi kok ini. Ini baru berjalan dari arah Jawa Barat dan dari Jawa Timur,” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Oksigen DIY Tri Saktiyana saat dihubungi, Sabtu (10/7/2021).

Menurut Tri, kendaraan pengangkut oksigen dari Jawa Barat kini tengah singgah di Kota Solo, Jawa Tengah untuk memenuhi permintaan berbagai rumah sakit di sana.

“Mudah-mudahan bisa cepat sampainya tapi yang di Solo juga masih ngisi-ngisi (rumah sakit) di Solo sebentar,” imbuh Tri.

Baca Juga: 63 Pasien RSUP Dr. Sardjito Meninggal Dalam Sehari, Disebut Terkait Persoalan Oksigen Menipis

Dikatakannya, kendaraan tersebut mengangkut 20 ton oksigen yang rencananya dibagikan ke 10 rumah sakit di DIY. Termasuk RSUP Dr Sardjito yang menerima jatah 2-3 ton.

“Yang dari Jawa Timur minimal 2 ton juga (untuk RSUP Dr Sardjito),” kata Tri.

Tri menambahkan sekarang ini berbagai rumah sakit di Pulau Jawa telah membangun jejaring demi mengantisipasi masalah kelangkaan oksigen. Mereka diminta melaporkan ketersediaan masing-masing oksigen setiap harinya sebelum pukul 12.00 WIB.

“Dari data terpetakan mana yang mau habis katakanlah lebih dari 3 hari, kurang dari 3 hari dan seterusnya. Kita warnai ada yang merah, ada yang hitam, seperti zonasi. Nanti zonasinya bisa jadi zonasi rumah sakit dalam hal oksigen. Ini sudah dilakukan dengan sistem, jadi terkontrol di Kementerian Kesehatan,” pungkasnya. []



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan