Laga Nyaris Dua Jam, Barty Kalahkan Pliskova untuk Gelar Wimbledon Pertama

  • Bagikan
Laga Nyaris Dua Jam, Barty Kalahkan Pliskova untuk Gelar Wimbledon Pertama


TOPNEWS.MY.ID, Petenis asal Australia, Ashleigh Barty, membuktikan kepantasannya sebagai atlet ranking satu dunia dengan menjuarai Wimbledon 2021. Menghadapi lawan asal Republik Ceko, Karolina Pliskova, Barty menang melalui laga tiga set dengan skor 6-3, 6(4)-7(7), dan 6-3 dalam pertarungan panjang nyaris dua jam.

Gelar ini merupakan gelar Wimbledon pertama sekaligus grand slam kedua bagi Barty. Gelar grand slam pertama direbutnya ketika menjuarai Prancis Terbuka 2019 dengan mengalahkan atlet yang juga berasal dari Ceko, Marketa Vondrousova.

Barty tampak lebih siap menghadapi Pliskova kali ini. Di set pertama, ia langsung memimpin 4-0 dan 5-1 sementara Pliskova berusaha memperpanjang pertandingan namun usahanya hanya selesai dengan tiga poin di mana Barty akhirnya menang dengan kedudukan 6-3.

Set kedua adalah pertarungan yang paling menguras tenaga karena kedua petenis silih-berganti memimpin perolehan angka. Pliskova mencuri gim pertama namun Barty sempat memimpin 3-1 dan wakil Ceko membalikkan keadaan menjadi 5-4.

Barty sebenarnya berpeluang menyelesaikan laga lebih cepat dalam kedudukan 6-5 namun Pliskova memaksa tie-break. Pada fase tie-break Pliskova tampak lebih siap untuk mencari peluang melalui rubber-game di mana ia menang 7(7)-6)4).

Situasi di set ketiga kembali seperti set pertama di mana Barty menancapkan keunggulan sejak awal dengan skor 3-0. Tak mau seperti set kedua, wakil Australia melaju kencang dengan meraih kemenangan dengan skor 6-3 karena kesalahan backhand yang dilakukan Pliskova di kesempatan terakhir.

“Ini luar biasa, saya harus memulai dengan Kara (sapaan Pliskova)… selamat untuk kamu di turnamen yang fantastis ini, dan untuk tim kamu… saya senang menguji diri saya melawan kamu, dan saya yakin kita akan bermain dalam banyak, banyak pertandingan lagi,” kata Barty usai laga sebagaimana dipetik dari The Guardian.

Bagi Pliskova, ini adalah kegagalan keduanya di final grand slam setelah Amerika Serikat Terbuka 2016. Atlet berusia 29 tahun ini mengatakan bahwa ia telah bermain sekuat tenaga dengan menyulitkan lawan namun mengakui bahwa Barty lebih baik.

“Tidak mudah untuk menutup set kedua, saya bertarung sangat keras dan membuat pertandingan sulit untuknya. Tetapi menurut saya dia bermain  sangat baik, jadi selamat untuknya dan timnya,” ucap Pliskova.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *