Supaya Tetap Awet dan Mencegah Adanya Jamur, Ikuti 7 Cara Membersihkan Mesin Cuci yang Benar!

  • Bagikan
cara membersihkan mesin cuci


Sebagus apapun merek mesin cuci yang dibeli, tetap akan percuma kalau jarang dibersihkan. Sebagian besar penggunanya mungkin belum mempraktikkan betul bagaimana cara membersihkan mesin cuci yang tepat. Terlebih mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci mini. Endapan kotoran dan residu di dalamnya dapat membuat kinerja mesin menurun. Selain itu, filter mesin cuci terbaik pun juga akan mengalami gangguan. Untuk itu, mulailah lebih rajin membersihkan mesin cuci agar awet sampai tahunan.

Sebagai panduan, berikut cara benar membersihkan mesin cuci dan pengering di dalamnya. Nggak rumit kok, bahkan kamu tak perlu membongkar bagian dalam mesinnya. Yuk, langsung simak saja caranya.

1. Bersihkan sisa detergen dengan melakukan pembilasan ulang agar mesin cuci tak berkerak

bilas ulang | credit: www.automaticwasher.org

Penggunaan detergen yang mengandung banyak busa ternyata dapat memicu kerak pada tabung mesin. Sebagai tindak preventif, kamu mesti menggunakan detergen dengan takaran yang tepat. Selanjutnya, lakukan pembilasan ulang setelah mesin cuci digunakan. Baiknya, gunakan air hangat agar proses pembilasan makin efektif. Sebisa mungkin, rutinkan perawatan ini baik pada mesin cuci Sharp maupun mesin cuci LG dengan dua tabung. Lakukan khusus pada bagian tabung cuci saja, pengeringnya nggak perlu.

2. Lakukan pula deep cleansing pada tabung mesin cuci otomatis dengan metode bilas menggunakan air hangat dan cairan konsentrat

cara membersihkan mesin cuci

bilas pakai cuka | credit: home making

Penggunaan cairan konsentrat dapat membuat residu dalam tabung mesin cuci terangkat. Makanya, jika kamu pengin mesin cuci  milikmu awet,  kamu bisa praktikkan cara membersihkan dengan metode deep cleansing ini secara rutin. Caranya:

Campur air hangat dengan cairan konsentrat, atau kalau tidak ada bisa diganti dengan cuka dan baking soda. Putar air dengan level tertinggi selama 10 menit. Diamkan selama 3 jam agar semua kotoran dalam tabung rontok. Kemudian, buang airnya dan bilas mesin cuci sampai bersih, lap dan keringkan.

Jangan lupa juga sikat bagian luar tabung mesin cuci portable agar kotorannya tak berkerak.

3. Laci detergen mesti rutin dibersihkan menggunakan air hangat agar tak mudah berjamur

laci detergen | credit: Cleanpedia

Bagian ini sering luput dari perhatian, padahal sama-sama bisa memicu kerak dan jamur. Cara membersihkannya mudah kok!

Lepas laci kemudian rendam dalam air hangat. Jika masih ada kotoran yang menempel, tambahkan karbol ke dalam rendamannya. Setelah itu, sikat lalu bilas dan keringkan. Jangan lupa, lap seluruh saluran yang menghubungkan laci dengan tabung mesin cuci agar tak ada kendala saat digunakan kembali.

4. Lap dan ambil benang pakaian yang tersangkut di dalam ventilasi pengering mesin cuci 2 tabung

ventilasi pengering | credit: bestlifeonline

Sekalipun harga mesin cuci dan pengering milikmu nggak murahan, tetap ada kemungkinan bakal kotor dan berkerak kalau nggak pernah dibersihkan. Bukan nggak mungkin tabung pengering tiba-tiba macet karena bagian ini sangat rawan tersumbat oleh benda yang sulit dilihat, misalnya benang pakaian.

Makanya, cara ampuh supaya mesin cuci tetap awet adalah membersihkan benang-benang pakaian yang tersangkut agar ventilasi pengering tak mengalami sumbatan. Cukup lap dan ambil serat benang yang menempel di bagian ventilasi setelah digunakan.

5. Selanjutnya, bersihkan filter mesin cuci agar tak mengalami sumbatan saat proses pencucian

membersihkan filter mesin cuci | credit: Reader’s Digest

Umumnya, filter mesin cuci yang kotor dapat membuat air mengucur ke mana-mana. Penyebabnya tentu karena ada sumbatan di dalamnya. Daripada mesti mengepel lantainya, mending rutinkan membersihkan filternya.

Tarik kantong filter sampai terlepas, kemudian cuci dengan air mengalir. Bilas sampai bersih dan keringkan sebelum dipasang kembali. Usahakan untuk rutin mengganti atau setidaknya membersihkan filter mesin cuci minimal dua bulan sekali agar awet digunakan.

6. Membersihkan bagian luar mesin cuci juga tak kalah penting

cara membersihkan mesin cuci

bersihkan luar mesin | credit: fantasticservices

Cara selanjutnya dalam membersihkan mesin cuci adalah pastikan kamu melakukannya secara rutin. Mengingat harga mesin cuci otomatis yang cukup mahal, maka kamu mesti rutin melakukan perawatan. Tujuannya agar awet digunakan tanpa hambatan. Bagian luar atau body mesin cucinya mesti rutin kamu lap dan bersihkan.

Caranya, cukup campur air hangat dengan cuka, lalu lap menggunakan kain lembut kemudian keringkan. Untuk menghindari kerusakan mesin cuci, lakukan pembersihan selama 1-2 bulan sekali.

7. Selesai mencuci, biarkan dulu penutup mesin cucinya terbuka agar tabungnya kering sempurna

buka tutupnya | credit: bilanol via freepik.com

Setelah selesai digunakan, buka dulu tutup mesin cuci selama 5 sampai 10 menit agar sisa air cuciannya mengering. Hal ini perlu dilakukan agar tabung nggak lembap dan memicu jamur maupun bau yang nggak sedap. Selain merusak mesin, jamur serta bau juga memengaruhi wangi pakaian. Hindari juga terlalu lama menaruh baju basah di dalam mesin cuci karena hal ini pun bisa memicu jamur juga bau apek.

Itu dia 7 cara membersihkan mesin cuci supaya tetap awet. Harga mesin cuci 2 tabung dan 1 tabung bisa dibilang mahal sekarang ini, makanya sayang kalau nggak dirawat dengan benar. Segera agendakan untuk membersihkan mesin cucimu secara rutin, ya! Akhir pekan besok, bisalah~



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *