Jubir Vaksinasi Covid: Hanya Pasien Gejala Sedang dan Berat Dirawat di RS

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan bahwa pasien yang dirawat di RS adalah dengan gejala sedang dan berat.

Hal itu diungkapkan oleh Siti Nadia pada konferensi konpers Update PPKM Darurat yang disiarkan di YouTube Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI, Jumat, 9 Juli 2021.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan hanya pasien dengan gejala sedang dan berat atau kritis yang dirawat di rumah sakit,” ucapnya dikutip dari Okezone.


Baca Juga: Imbas Denda Rp5 Juta, Pengusaha Bubur Ini Memilih Pulang Kampung

Selanjutnya, Jubir Vaksinasi Covid-19 tersebut mengimbau agar pasien positif covid dengan gejala ringan atau tanpa gejala untuk bisa melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Untuk pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala, kami mengharapkan tetap melakukan isolasi mandiri, baik di rumah atau isolasi di tempat-tempat yang sudah ditentukan atau terpusat,” jelasnya.


Baca Juga: PPKM Berlaku Saat Idul Adha, Demokrat: Memang Hobi Jokowi Ribut…

Adapun bagi pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala tetap bisa menikmati fasilitas medis tanpa perlu repot-repot mengantre.

Dengan begitu, diharapkan tidak akan terjadi kemungkinan yang tidak diinginkan bagi pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

“Dengan layanan ini, diharapkan semua pasien Covid-19 akan mendapatkan pelayanan medis tepat waktu tanpa perlu mengantre di fasilitas layanan kesehatan, sehingga layanan RS dapat diprioritaskan untuk pasien gejala sedang, berat dan kritis,” ungkap Siti Nadia.

Adapun alasan mengapa pasien tanpa gejala atau dengan gejala ringan tidak di rawat di rumah sakit karena saat ini kapasitas rumah sakit di berbagai daerah terbilang langka.

Hal tersebut terjadi karena setiap hari terkonfirmasi adanya pasien positif dengan gejala sedang dan berat sehingga diprioritaskan untuk mendapatkan penanganan segera.

Sampai saat ini, pemerintah tetap terus berusaha menekan laju penularan pandemi Covid-19 dengan berbagai cara.

Adapun cara yang saat ini tengah digalakkan adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama berkegiatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan