Ganasnya Varian Delta, Waspada 4 Fakta Penularan Covid-19 Lewat Mata

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Meluasnya penyebaran varian Delta Covid-19 membuat para ahli kembali menyoroti kemungkinan Covid-19 menular lewat mata. Saat virus ini muncul kali pertama di Wuhan, Tiongkok, penularan lewat mata juga sempat dibahas. Namun kini semakin banyaknya varian muncul, penularan virus ini lewat mata juga harus diwaspadai.

Mata dinilai memiliki banyak pembuluh darah. Mata dapat menjadi titik masuk yang mudah bagi virus. Sebuah studi tahun 2021 menyoroti bahwa mata mungkin merupakan rute yang mungkin untuk transmisi SARS-CoV-2. Para peneliti percaya bahwa kontak langsung dengan selaput lendir mata adalah rute penularan yang paling mungkin.

Oleh karena itu, seseorang dapat terkena infeksi mata dengan SARS-CoV-2 jika mereka menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata mereka. SARS-CoV-2 juga mungkin masuk ke mata melalui tetesan udara setelah batuk atau bersin dari orang yang membawa virus.

Lalu, bagaimana melindungi mata dari Covid-19? Dilansir dari Medical News Today, Sabtu (10/7), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menekankan pentingnya mencuci tangan, lalu menghindari menyentuh hidung, mulut, dan mata. Sebuah studi tahun 2020 juga menyarankan untuk memakai kacamata pelindung, terutama di dalam fasilitas kesehatan.

American Optometric Association menawarkan rekomendasi untuk melindungi mata yakni menjaga mata dan memakai kacamata pelindung, seperti kacamata pengaman, hindari menyentuh mata, sering cuci tangan dan hindari menyentuh mata dengan tangan yang belum dicuci, jaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin, menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari orang lain. Lalu membersihkan dan mendisinfeksi area yang digunakan bersama, seperti sakelar lampu, gagang pintu, dan telepon serta hindari menggunakan lensa kontak saat sakit.

Sel-sel di mata dapat langsung terinfeksi oleh SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, menurut temuan yang diterbitkan 17 Mei oleh ScienceDirect. Berikut adalah empat fakta yang perlu diketahui tentang infeksi mata Covid-19 seperti dalam laman Beckers Hospital Review.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *