Film-film Adaptasi Komik Mark Millar (Bagian Pertama) – TOPNEWS.MY.ID

  • Bagikan


Selain The Secret Service, yang kemudian menginspirasi Matthew Vaughn membuat franchise Kingsman, yang belum lama ini merilis materi trailer final untuk babak paling gresnya, The King’s Man, Mark Millar ternyata sudah memiliki deretan judul film yang usut punya usut materinya merupakan hasil adaptasi maupun diinspirasi dari komik-komik lain karyanya. Sementara, walaupun salah satu serial adaptasi komiknya, Jupiter’s Legacy dipastikan tidak akan berlanjut, kisah-kisah komik Millar lainnya dipastikan akan segera diadaptasi dalam term sinematik Millarworld (simak daftar proyek masa depan yang akan diangkat dari karya-karya komik Mark Millar lainnya di sini), berikut ini paparan singkat film-film adaptasi komik Mark Millar. Apakah Anda notabene sudah mengetahui perihal informasi ini sejak dulu? Mana yang di luar perkiraan Anda?

 

Wanted

Film ajang debut James McAvoy memerankan tokoh komik dan juga dibintangi Angelina Jolie ini diadaptasi Timur Bekmambetov dari miniseri komik Mark Millar dan JG Jones berjudul sama rilisan Top Cow ditahun 2003. Apa yang disajikan dalam film ini secara temanya mirip dengan komiknya, yakni mengisahkan seorang pemuda yang tidak menyadari bahwa ia dimanipulasi untuk menjadi pengganti sang ayah yang merupakan seorang pembunuh bayaran ulung. Bedanya, kisah film adaptasi komik Mark Millar ini tidak menyertakan tampilan kostum dan premis adiwiranya ditata ulang agar temanya lebih universal untuk jangkauan audiens lebih beragam.

 

Kick-Ass

Film ini mengisahkan tentang sepak terjang seorang pemuda yang iseng menjadi seorang adiwira di dunia nyata, tanpa bekal kemampuan fisik memadai maupun menyadari konsekuensi bahaya yang akan ia hadapi. Untuk film hasil adaptasi komik hasil kolaborasinya bersama John Romita Jr ini, ia terlibat langsung dengan Matthew Vaughn dalam menyusun skripnya, yang membuat film adaptasi komik Mark Millar ini hasilnya sangat loyal pada materi aslinya, kecuali untuk beberapa adegan penyesuaian sinematiknya.

 

Kick-Ass 2

Tidak lagi dibesut Matthew Vaughn yang digantikan Jeff Wadlow, film babak kedua Kick-Ass ini ceritanya tersusun dari gabungan adaptasi dua komik Millar, Kick-Ass 2 dan Hit-Girl. Berfungsi sebagai kelanjutan dan sekaligus memperluas semesta filmnya, sajian film yang diadaptasi dari komik Mark Millar ini juga dari segi tema dan konflik utama storylinenya kurang lebih sama dengan penuangan di komiknya, namun tingkat kekerasannya banyak dipangkas, menjadikan film adaptasi komik Mark Millar ini tidak sesukses film pertamanya.

 

The Avengers

Walaupun menjadi ajang pertemuan para tokoh Marvel yang sebelumnya tampil di film-film kepingannya. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau film titik akhir MCU phase one ini banyak elemennya diinspirasi dari komik The Ultimates, hasil penuangan konsep ulang Millar dan Bryan Hitch terhadap para karakter tersebut. Baik itu formasi modern tim yang menjadi andalan SHIELD maupun perihal invasi kaum Chitauri. The Ultimates juga menampilkan tampilan baru karakter Nick Fury yang membuat Samuel L. Jackson sangat pantas memainkannya.

 

Kingsman:The Secret Service

Film aksi yang dibintangi Colin Firth dan sukses melambungkan nama Taron Egerton ini merupakan hasil adaptasi Matthew Vaughn dari komik karya Mark Millar dan Dave Gibbons, The Secret Service. Keberhasilan filmnya menyebabkan seri komiknya juga mengalami penulisan ulang. Kingsman berfokus pada sepak terjang seorang pemuda bernama Eggsy yang direkrut menjadi anggota organisasi agen rahasia yang mengemban misi menyelamatkan dunia dari bahaya teroris global. Kingsman kemudian menjelma menjadi franchise komersil dengan menelurkan sekuel orisinal Kingsman: The Golden Circle dan The King’s Man.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *