8 Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Pakaian Putih dan Berwarna. Pakai Bahan Seadanya Bisa

  • Bagikan
Cara menghilangkan noda luntur


Baju terkena luntur saat proses pencucian memang bikin kesal. Apalagi jika pakaian itu baru dibeli dan belum dipakai. Kalau sudah begini, kamu pun buru-buru cari cairan penghilang noda luntur supaya warnanya kembali ke semula. Namun, realitanya memang nggak semudah yang diharapkan, ya.

Salah pemakaian justru bisa bikin noda semakin menyebar di pakaian kamu. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli penghilang noda di luar sana, sekarang tak perlu khawatir. Sebab ada cara yang lebih mudah, praktis, dan bahannya mudah ditemukan di sekeliling kita. Pengeluaran bulananmu pun bisa tersimpan untuk kebutuhan yang lebih genting. Berikut ini, Hipwee berikan cara menghilangkan noda luntur pada baju putih dan berwarna yang bisa dicoba. Yuk simak langkah-langkahnya!

1. Cara menghilangkan noda luntur pada baju bisa gunakan jeruk nipis. Cukup digosok kemudian bilas seperti biasa

Jeruk nipis menghilangkan noda luntur | credit: Jessica Lewis on Unsplash

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mencuci baju berwarna yang kena luntur. Langkah pertama, peras jeruk nipis hingga keluar airnya, lalu air tersebut diteteskan pada pakaian yang luntur. Diamkan sejenak sekitar 15 menit. Barulah dibilas seperti biasa menggunakan detergen. Kandungan asam sitratnya juga mampu membunuh bakteri dan jamur pada pakaian, lo.

2. Tahapan praktis lain bisa pakai garam dapur untuk hilangkan noda luntur di pakaian berwarna

Cara menghilangkan noda luntur pada baju

Garam penghilang noda luntur | credit: Jason Tuinstra on Unsplash

Garam dapur juga bisa menghilangkan noda luntur membandel pada pakaian berwarna. Kandungan elemen abrasifnya mampu membuat noda luruh seketika. Kamu hanya perlu taburi garam ke baju yang basah. Kemudian diamkan sampai menyerap dan bilas menggunakan air mengalir.

3. Pakaian yang terlanjur kena tinta dapat dihilangkan dengan cuka. Yuk, simak caranya!

Cara menghilangkan noda luntur pada baju putih

Cuka pembersih pakaian | credit: Depositphotos

Cara menghilangkan noda luntur di baju putih berupa tinta bisa menggunakan cuka di dapur. Sedikit berbeda dengan sebelumya, untuk meracik kamu butuh air hangat, garam dan deterjen. Campurkan semua bahan tadi bersama cuka dan rendam pakaian di dalamnya. Kurang lebih 15-30 menit, pakaian pun bisa dibilas. Langkah ini juga jadi alternatif  untuk menghilangkan noda luntur di celana chino yang warnanya kebanyakan terang.

4. Selain memisahkan baju yang luntur dari bahan kain lain. Kamu dapat tambahkan baking soda untuk hilangkan bekasnya

Cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna

Baking soda untuk rumh tangga | credit: Pixabay

Baking soda dikenal multifungsi untuk peralatan rumah tangga. Termasuk untuk mengatasi baju baru yang luntur. Meski kandungannya tak sefektif bahan asam, bahan yang satu ini efektif unuk pakaian dengan wilayah noda yang sedikit.

Caranya, cukup merendam pakaian ke dalam campuran detergen dan baking soda selama 15 menit. Jika sudah selesai, angkat dan kucek seperti biasa kemudian keringkan di bawah cahaya matahari.

5. Gunakan cairan pemutih untuk mengembalikan pakaian yang terkena luntur. Tak boleh asal, ada triknya

Cara menghilangkan noda luntur pada baju putih dengan vanish

Cairan pemutih pakaian | credit: Shutterstock

Sebelum kamu mencuci dengan cairan pemutih, ada baiknya kenali macamnya supaya bajumu tak rusak. Pemutih oksigen dalam bentuk cair dan bubuk sama-sama ampuh mengembalikan warna putih pada pakaian. Ada pula pemutih klorin yang mengandung sodium hipoklorit dan sifatnya lebih korosif. Gunakan cairan yang sesuai dengan bahan bajumu. Berikut cara memutihkan kembali pakaian yang kena luntur:

  1. Periksa label baju terlebih dahulu, tak semua bahan dapat dicuci dengan komposisi yang ada pada pemutih.
  2. Supaya luntur tak menyebar ke pakaian lainnya, kamu bisa pisahkan pakaian yang berwarna dan tidak.
  3. Rendam baju menggunakan suhu air yang sesuai, hal ini biasanya terdapat pada keterangan label pakaian. Pemutih klorin umumnya menggunakan air bertemperatur tinggi.
  4. Jangan menuangkan langsung pemutih ke pakaian. Campur dulu dengan air. Perbandingan 1:30, sekitar 125 mililiter pemutih dan 3,7 liter air.
  5. Bilas dengan air mengalir, terakhir keringkan di bawah sinar matahari.

6. Selain sebagai pembersih cat kuku, larutan aseton juga berfungsi menghilangkan noda luntur pada pakaian

Cara mengatasi baju baru yang luntur

Gunakan cairan pembersih kuku | credit: Max Pixel

Pakaian dengan noda luntur yang sedikit bisa gunakan aseton. Kamu hanya perlu mengoleskan larutan tersebut pada daerah yang membandel. Tunggu sampai 30 menit, digosok, kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini juga bisa diterapkan untuk pakaian dengan noda tinta yang sudah mengering.

7. Punya sifat yang sama seperti jeruk nipis. Gosokkan belimbing wuluh ke noda di baju. Kotoran pun ikut luruh~

cara menghilangkan noda luntur

Belimbing wuluh bersihkan noda luntur | credit: Commons Wikipedia

Belimbing wuluh juga termasuk bahan penghapus noda luntur yang efektif. Caranya cukup mudah, hanya perlu memotong belimbing menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan daging buahnya pada noda luntur. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air dan detergen. Untuk hasil terbaik, kamu bisa melakukannya berulang kali.

8. Sadar pakaian terkena luntur saat mencuci? buru-buru gunakan detergen dan air hangat. Jangan lantas dibiarkan, ya

Cara menghilangkan baju putih terkena warna

Air hangat dan detergen menghilangkan noda luntur | credit: rdcom

Kamu bisa gunakan trik yang satu ini jika noda luntur baru diketahui selepas mencuci. Tak lama usai pakaian kelunturan, siapkan air panas secukupnya sesuai dengan jumlah baju yang akan kamu bersihkan. Tabur detergen dan gosok saat air mulai menghangat. Bilas dengan air bersih dan jemur sampai kering.

Itulah deretan cara menghilangkan noda luntur pada pakaian yang bisa kamu coba. Jika penanganannya cepat dilakukan, bukan tak mungkin warna baju akan kembali seperti semula. Jadi kamu pun tak perlu cemas dan bisa gunakan baju tersebut seperti sedia kala. Dari ke-8 cara di atas, adakah yang pernah kamu coba?



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan