Kejagung Jebloskan Terpidana Adelin Lis ke Rutan Salemba

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Kejaksaan Agung (Kejagung) langsung mengeksekusi terpidana Adelin Lis ke rumah tahanan negara. Dia akan terlebih dahulu mendekam di Rutan Salemba Cabang Kejaksaan Agung sebelum dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Terpidana Adelin Lis akan ditahan sementara untuk mengikuti karantina kesehatan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salemba Cabang Kejaksaan Agung, dan selanjutnya akan dieksekusi di Lembaga Pemasyarakatan,” kata Kepala Pusat Penerangan Kejaksaan Agung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keterangannya, Minggu (20/6).

Adelin Lis telah menjadi buronan lebih dari 10 tahun. Dia tertangkap di Singapura, karena memalsukan paspor dengan menggunakan nama Hendro Leonardi dan dihukum Pengadilan Singapura dengan denda SGD 14.000.

Baca Juga: Kejagung Bawa Pulang Buronan Adelin Lis dari Singapura ke Jakarta

Adelin Lis terlibat kasus pembalakan liar dan dijatuhi hukuman 10 tahun, serta bayar denda lebih Rp 110 miliar oleh Mahkamah Agung pada 2008. Tetapi dia melarikan diri dan kemudian memalsukan paspor dengan menggunakan nama Hendro Leonardi.

Buronan Kejaksaan Agung itu tertangkap oleh imigrasi Singapura pada 2018, karena sistem data di Imigrasi Singapura menemukan data yang sama untuk dua nama yang berbeda. Pihak Imigrasi Singapura kemudian mengirimkan surat kepada Atase Imigrasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, untuk memastikan apakah dua nama yang berbeda itu sebenarnya merupakan sosok yang sama.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *