Buka Posko Aduan, LBH APIK Terima 8 Laporan Dugaan Pelecehan Gofar Hilman

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Tudingan pelecehan seksual yang dialamatkan kepada Gofar Hilman berbuntut panjang. Belakangan, Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Jakarta membuka posko aduan untuk para wanita yang merasa pernah menerima perlakuan tidak pantas dari Gofar. 

Hasilnya cukup mengejutkan. LBH APIK menerima setidaknya delapan aduan dari kasus yang sama yang diduga dilakukan Gofar Hilman.

“Hingga 17 Juni 2021, LBH APIK Jakarta telah menerima 8 aduan kasus terkait dengan pelecehan seksual yang dilakukan public figure GH, termasuk aduan dari pemilik akun Twitter @quweenjojo,” demikian isi keterangan tertulis yang diberikan oleh Direktur LBH APIK Jakarta, Siti Mazumah.

“Melihat bahwa kemungkinan masih ada korban-korban yang belum berani bersuara, LBH APIK Jakarta dan SAFEnet serta para korban yang bersolidaritas membuka posko pengaduan untuk korban-korban lain yang ingin bersuara,” lanjutnya.

Siti Mazumah mengatakan posko aduan dibuat sebagai ruang aman bagi para korban, yang tidak berani atau malu mengungkapkan apa yang mereka alami.

“Posko pengaduan GH dibuat sebagai ruang aman untuk menguatkan sesama korban, dan menyediakan pendampingan hukum, konseling psikologi, serta keamanan digital jika diperlukan,” jelasnya lebih lanjut. 

“LBH APIK Jakarta dan SAFEnet memberikan apresiasi sebesar-besarnya pada korban yang telah kuat dan berani bersuara hingga memantik suara-suara korban lainnya, seperti yang telah dilakukan akun Twitter @quweenjojo,” sambungnya. 

Gofar Hilman sendiri sempat menyampaikan bantahan lewat unggahan di Twitter. Gofar bahkan mempersilahkan wanita yang merasa jadi korban untuk menempuh jalur hukum. 

(ari)

 

KOMENTAR

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi TOPNEWS.MY.ID. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan