Sudah Disiplin Prokes, Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Kok Tetap Kena COVID-19?

  • Bagikan
Sudah Disiplin Prokes, Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Kok Tetap Kena COVID-19?


TOPNEWS.MY.ID, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi terjangkit virus corona atau COVID-19.

Wiku menduga tertular setelah melakukan kunjungan kerja ke Kudus, Jawa Tengah dan Bangkalan, Madura. Dua daerah itu saat ini sedang menghadapi varian baru Delta asal India yang lebih ganas daripada virus aslinya. 

Sepulangnya dari dua daerah itu, dia langsung swab antigen pada Jumat kemarin (18/6/2021). Dan hasilnya positif COVID-19. Untuk meyakinkan diri, ia melakukan tes sekali lagi. 

“Selanjutnya, untuk mengkonfirmasi hasil swab antigen ini, saya kemudian melakukan swab PCR dan hasilnya saya terima hari ini, yaitu positif COVID-19,” katanya dalam siaran persnya hari ini, Sabtu (19/6/2021). 

Dia mengakui, beberapa minggu terakhir, aktivitasnya terbilang cukup padat. Ia melakukan kunjungan kerja ke Kudus, Jawa Tengah, dan Bangkalan, Madura. Aktivitas itu ia lakukan dalam rangka tugasnya sebagai Satgas Penanganan COVID-19. Apalagi, kedua daerah itu kini tengah menghadapi varian baru Delta yang lebih cepat menular. 

“Seperti yang diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi seperti Kudus dan Bangkalan,” ungkapnya. 

Meskipun dalam tubuhnya bersarang virus mematikan, ia mengaku kondisi fisiknya terbilang baik-baik saja. Dalam kondisi tertular itu, ia mengaku tetap optimistis akan sembuh dengan cepat. Dia mengakui kemungkinan tertular saat melakukan tugas dinas ke beberapa daerah itu. 

“Seperti yang saya sampaikan, saya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan,” tuturnya.

Sebagai bagian dari kepatuhan terhadap protokol kesehatan, ia telah meminta kepada orang-orang yang kontak erat dengannya selama beberapa waktu belakangan ini untuk melakukan test antigen sebagai upaya testing dan juga tracing.

“Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ujarnya.

Tak lupa ia mengingatkan, virus yang bermula di Wuhan, Provinsi Hubey, Tiongkok itu dapat menulari siapa saja. Hanya disiplin dan kepatuhan ekstra ketat pada protokol kesehatan (Prokes) yang bisa menyelamatkan orang dari penularan virus itu. 

“Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh tim Satgas Penanganan COVID-19, BNPB, KPC-PEN, dan rekan-rekan media. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari pandemi COVID-19,” pungkas Wiku.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan