Bukan Hanya Batu Bara, Cina Juga Tertarik Membeli Porang dari RI

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Ternyata, bukan hanya batu bara yang bisa dijual RI ke Cina, tapi juga tanaman porang. Siapa sangka tanaman yang dahulunya hanya dianggap tanaman liar di hutan kini bisa menjelma menjadi komoditas ekspor ke Negeri Tirai Bambu, negara dengan pasar besar dan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan di dunia.

Fakta itu diungkap oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat berkunjung ke Jawa Timur, Rabu 9 Juni 2021 pekan lalu. Kala bertemu Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Jerry mengungkapkan bahwa 70 persen dari total produksi porang di dalam negeri diserap oleh pasar Cina.

Data itu Jerry peroleh dari para petani yang tergabung dalam asosiasi porang. Mereka menemui Jerry agar pemerintah bisa memberikan kemudahan dalam proses ekspor porang ke luar negeri, terutama Cina.  “Hampir 70 persen, Tiongkok mengambil porang kita,” kata Jerry seperti dikutip Tempo dari laman Pemprov Jatim, Rabu 16 Juni 2021.

Hanya, kata Jerry ekspor porang ke Cina masih terkendala masalah urusan teknis dan aturan perdagangan. Terutama harmonisasi soal kode Harmonized Commodity Description and Coding System (HS Code) TOPNEWS.MY.ID kedua Kementerian perdagangan RI dan Cina.       

HS Code diperlukan agar bisa merekam berapa banyak produk yang diekspor. Selain soal HS Code, sertifikasi juga sedang dijalankan oleh Bea Cukai. “Ketika itu semua sudah rampung, saya yakin Porang semakin banyak diminati di pasar global,” ucap Jerry.

Wagub Jatim Emil Dardak mengatakan Pemprov Jatim telah memberi atensi khusus untuk komoditi Porang. Emil bahkan telah menyampaikan peluang ekspor porang secara langsung kepada Presiden Jokowi.

Menurut Emil, komoditi Porang akan menguntungkan petani kecil yang membudidayakan tanaman porang. Emil berharap ada sistem tata niaga yang menguntungkan petani kecil. Ia juga mengatakan akan bersinergi mengidentifikasi pasar sehingga petani nantinya akan menerima untung dari ekspor porang.

WINDA OKTAVIA

Baca juga: Berita Terkini Tanaman Porang: Geliat Daerah Siapkan Lahan dan Petani



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *