Vonis Jaksa Pinangki Disunat 6 Tahun, Mardani: Kepercayaan Publik Bisa Tergerus!

  • Bagikan
Vonis Jaksa Pinangki Disunat 6 Tahun, Mardani: Kepercayaan Publik Bisa Tergerus!


TOPNEWS.MY.ID, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera prihatin dengan keputusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta mengurangi masa hukuman Jaksa Pinangki Sirna Malasati dari 10 tahun menjadi 4 tahun.

“Keprihatinan kita bersama. Dengan data yang gamblang terkait kasusnya, pemangkasan bisa jadi preseden buruk,” kata Mardani sebagaimana dikutip TOPNEWS.MY.ID dari Twitter @MardaniAliSera pada Selasa (15/6/2021).

Kata dia, sebagai penegak hukum, tindakan yang dilakukan Majelis Hakim ini jelas menimbulkan dampak luar biasa bagi institusi yang bersangkutan. 

“Ada integritas institusi penegak hukum yang dipertaruhkan, kepercayaan publik bisa tergerus,” katanya.

Selain itu, upaya pemberantasan korupsi dinilai akan selalu menghadapi tantangan. 

“Ini menambah kesedihan setelah kejadian tidak lolosnya 75 pegawai berdedikasi KPK,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, keputusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi yang memvonis Pinangki 10 tahun penjara menjadi gugur. 

Dalam amar putusannya, PT Jakarta menyatakan menerima permintaan banding terdakwa Pinangki dan penuntut umum. 

Dalam amarnya, majelis hakim juga membebaskan Pinangki dari vonis hakim pengadilan tipikor yang menyebutnya terbukti melakukan tindak pidana korupsi, pencucian uang, permufakatan jahat. 

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa tersebut, oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp600 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan kurungan selama enam bulan,” katanya. 

Majelis hakim PT Jakarta menilai hukuman 10 tahun penjara ke Pinangki terlalu berat. Apalagi Pinangki mengaku bersalah dan mengatakan menyesali perbuatannya serta telah mengikhlaskan dipecat dari profesinya sebagai jaksa.[]



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *