Kisah Qatar Bermimpi Sukses di Piala Dunia Lewat Piala Emas CONCACAF

  • Bagikan
France


“Dulu andalkan naturalisasi, kini bertumpu pemain lokal. Mereka produk Aspire Academy.”

TOPNEWS.MY.ID – Gagal ikut Copa America 2021 karena bertepatan dengan jadwal Kualifikasi Piala Asia 2023, Qatar kini bersiap tampil di Piala Emas CONCACAF 2021 sebagai satu-satunya tim undangan. Ini jadi kesempatan emas mematangkan skuad sebelum Piala Dunia 2022.

Juara bertahan Qatar telah memastikan tempatnya untuk Piala Asia 2023 di Cina dengan status juara Grup F. Karena itu, Felix Sanchez selaku pelatih kepala mengalihkan fokus ke Piala Emas CONCACAF, bulan depan. 

Qatar tampil di CONCACAF sebagai tim tamu. Mereka akan melakukan debut di turnamen tersebut dengan berada di Grup D melawan Panama pada 13 Juli 2021. Juara Asia itu akan memainkan pertandingan lainnya melawan Grenada pada 17 Juli 2021 dan Honduras pada 20 Juli 2021. 

Kompetisi dua tahunan Amerika Utara, Tengah, dan Karibia itu secara resmi akan dimulai pada 2 Juli 2021, dan Qatar akan memainkan semua pertandingan babak grup di Houston, Texas, Amerika Serikat.  

Sanchez yakin ini adalah kesempatan terbaik bagi tim asuhanya untuk mematangkan strategi tim jelang Piala Dunia. “Partisipasi kami di Piala Emas akan menjadi kesempatan yang baik bagi dalam persiapan kami jelang Piala Dunia tahun depan di negara kami,” kata Sanchez, dikutip The Peninsula.

“Ini akan menjadi kompetisi yang berbeda karena kami akan menghadapi tim dengan permainan sepakbola yang berbeda. Itu akan menjadi pengalaman berharga bagi tim nasional,” tambah pelatih asal Spanyol itu. 

Sanchez mengatakan setelah jeda Kualifikasi Piala Asia, para pemain akan memulai persiapan yang sibuk sebelum menjadi tuan rumah Piala Dunia. Uji coba dan pertandingan dengan banyak tim dibutuhkan agar Qatar tidak tampil memalukan. 

“Kondisi di sana akan berbeda dan kami akan mempersiapkannya. Menjadi juara Asia, kami diharapkan untuk melakukannya dengan baik di Piala Emas dan kami akan melakukan persiapan sebaik mungkin. Kami akan siap menghadapi tantangan itu,” kata Sanchez.

Beberapa hari lalu, Qatar berhasil mengalahkan Oman 1-0 dan sekaligus memastikan diri memuncaki Grup E Kualifikasi Piala Asia 2023. Bagi negara Asia lain, ajang itu sekaligus juga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Di ajang tersebut, Qatar tak terkalahkan di fase grup. Mereka mengumpulkan 22 poin dari tujuh kemenangan dan sekali imbang. “Saya senang kami memenuhi harapan dengan tampil baik sebagai juara bertahan Piala Asia. Saya mengucapkan selamat kepada tim yang lolos ke Piala Asia berikutnya setelah tampil bagus,” ujar Sanchez.

Sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun depan, Qatar benar-benar serius berbenah. Selain mempekerjakan pelatih-pelatih asing, tim ini juga sudah bersama sejak lama. Banyak pemain yang tampil bersama saat Qatar menjuarai Piala Asia 2019.

(diaz alvioriki/anda)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *