Euro 2020: Christian Eriksen Ucapkan Terima Kasih dan Sampaikan Kondisinya Baik

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Christian Eriksen menyampaikan ucapan terima kasihnya untuk dukungan yang diberikan kepadanya setelah serangan jantung yang dialaminya saat pertandingan pembukaan Euro 2020 Denmark. Gelandang Inter Milan itu juga mengabarkan kondisinya kini baik-baik saja.

Eriksen diberi CPR darurat di lapangan setelah ambruk tiba-tiba saat Denmark melawan Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, Sabtu lalu. Sesaat setelah kejadian itu, pertandingan yang mendekati akhir babak pertama pun dihentikan sementara.

Pemain berusia 29 tahun itu kemudian dibawa ke Ringshospitalet, sebuah rumah sakit dekat stadion tempat berlangsungnya pertandingan. Laga itu dilanjutkan beberapa jam kemudian seusai kondisi gelandang Denmark itu stabil.

Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer berusaha membantu tim medis menyelamatkan Christian Eriksen di tengah laga penyisihan Grup B Piala Eropa TOPNEWS.MY.ID Denmark melawan Finlandia di Kopenhagen, Denmark, 12 Juni 2021. Para pemain timnas Denmark lainnya langsung berdiri mengelilingi Eriksen agar tidak tersorot kamera. Pool via REUTERS/Jonathan Nackstrand

Dokter tim Denmark, Morten Boesen, mengatakan Eriksen sempat berhenti bernapas. Tetapi, berkat penanganan yang cepat di lapangan dilanjutkan perawatan di rumah sakit, kondisinya stabil dan kemudian bisa mengirimkan salam kepada rekan satu timnya.

Eriksen berbicara kepada publik untuk pertama kali setelah insiden itu melalui tweet dari akun FA Denmark. “Halo semuanya. Terima kasih banyak atas salam dan pesan manis yang luar biasa dari Anda dari seluruh dunia kepada saya dan keluarga saya,” tulisnya.

“Saya baik-baik saja – dalam keadaan seperti itu. Saya masih harus menjalani beberapa pemeriksaan di rumah sakit, tetapi saya merasa baik-baik saja.”

“Sekarang, saya akan menyemangati para pemain timnas Denmark pada pertandingan berikutnya. Bermain untuk seluruh Denmark. Terbaik, Christian.”

Christian Eriksen. REUTERS

Denmark menelan kekalahan 1-0 atas Finlandia setelah pertandingan dilanjutkan kembali pada Sabtu malam. Setelah gagal meraih poin di laga pertama, mereka harus berjuang meraih kemenangan saat menghadapi Belgia pada laga kedua Euro 2020 pada Kamis nanti.

Mereka tentu saja akan melakukannya tanpa Eriksen. Namun, manajer Kasper Hjulmand mengungkapkan: “Saya telah mengatakan bahwa Eriksen adalah jantung, denyut nadi, ritme tim kami. Dia memiliki kemampuan luar biasa untuk memahami waktu, ruang, dan ritme dalam sepak bola selama pertandingan.”

“Dia tidak akan ada di sana pada hari Kamis – kami memiliki banyak pemain lain yang dapat berkontribusi, dan pemain terampil yang juga dapat menemukan ritme pertandingan. Kami sedang menyusun sesuatu yang akan sulit bagi Belgia, saya yakin itu.”

Pertandingan Denmark vs Belgia akan berlangsung di Parken Stadium, artinya pasukan Hjulmand akan kembali bertanding di tempat jatuhnya Eriksen kurang dari seminggu setelah kejadian tersebut.

Para pemain Timnas Denmark mengelilingi Christian Eriksen yang tengah mendapat perawatan tim medis setelah pingsan di tengah laga penyisihan Grup B Piala Eropa TOPNEWS.MY.ID Denmark melawan Finlandia di Kopenhagen, Denmark, 12 Juni 2021. Laga tersebut sempat ditunda sekitar 90 menit untuk memastikan Eriksen dalam kondisi baik-baik saja. Pool via REUTERS/Jonathan Nackstrand

Hjulmand menyadari hal itu bisa menjadi tugas yang sulit bagi timnya. “Tidak apa-apa jika seseorang tidak memiliki emosi yang dibutuhkan untuk tidak memberikan segalanya dalam permainan.”

“Kami perlu mempersiapkan perjalanan emosional ke Parken. Ini akan menjadi atmosfer yang spesial. Kami harus mempersiapkan mental, para pemain sudah terbiasa dengan itu.”

“Emosi apa yang bisa memukul kami? Akan aneh untuk kembali, kami akan menghadapi dengan banyak emosi.”

Aksi pemain timnas Belgia, Romelu Lukaku saat berselebrasi setelah menjebol gawang timnas Rusia dalam laga penyisihan grup B Piala Eropa di Stadion Gazprom Arena, Rusia, 12 Juni 2021. Lukaku memberikan penghormatan kepada Christian Eriksen yang kolaps di tengah laga lain. Lukaku berteriak “Chris, tetap kuat kawan, love you”, ke kamera televisi setelah mencetak gol pertama. Pool via REUTERS/Anton Vaganov

Emosi itu tidak akan terbatas pada orang Denmark. Striker Belgia Romelu Lukaku yang bermain bersama Eriksen di Inter Milan, dan merayakan salah satu golnya melawan Rusia pada hari Sabtu dengan berlari ke kamera TV dan berkata, “Chris, Chris, aku mencintaimu.”

Bek Belgia Toby Alderweireld adalah mantan rekan setim Christian Eriksen dari waktu mereka bersama di Tottenham, mengatakan kepada situs web FA Belgia: “Bagaimana (orang Denmark) menangani situasi itu luar biasa.”

“Sebuah contoh buku teks, dan untuk itu mereka memiliki rasa hormat abadi saya.”

SKY SPORTS

Baca Juga: Kolaps di Euro 2020, Christian Eriksen: Saya Ingin Tahu Apa yang Terjadi



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *