4 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Selain menjadi bahan masakan, kemiri bisa memberikan manfaat buat tubuh kita karena memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, vitamin C, vitamin E, vitamin D, linoleat dan linolenat, serta antioksidan yang dapat bermanfaat bagi tubuh kita.

Berikut empat manfaat kemiri untuk kesehatan tubuh:

1. Dapat menyembuhkan luka

Kemiri yang diolah menjadi minyak mampu menghilangkan rasa sakit, mempercepat pernyembuhan luka, melindungi luka dari kemungkinan infeksi, menghilangkan pembengkakan, dan membantu penyembuhan kulit terbakar.

2. Dapat menyembuhkan gigitan serangga

Dengan cara memanggang kemiri dan kunyit, lalu tumbuk keduanya hingga halus. Setelah itu, kita bisa meletakkannya di bagian kulit yang terasa gatal akibat gigitan serangga.

3. Dapat merawat rambut

Minyak kemiri yang memiliki asam lemak linoleat dan linolenat yang mampu melapisi dan melembapkan rambut, memberikan nutrisi pada rambut, membuat rambut berkilau, dan mencegah kerusakan rambut.

Selain itu, kemiri juga dapat membantu mengatasi masalah kulit kepala berketombe atau gatal. Semua ini berkat asam lemak dalam minyak kemiri yang mampu menembus batang rambut dan membuatnya nampak sehat.

4. Dapat membantu mengontrol eksim

Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak mampu membantu penderita eksim dalam mencegah gatal, melembapkan kulit, dan mengatasi peradangan secara efektif. Eksim sendiri merupakan salah satu masalah kulit yang paling sulit untuk dikendalikan. Penderitanya akan kerap mengalami kulit kering, kasar, dan gatal.

Selain membantu meredakan eksim, minyak kemiri juga efektif dalam melawan gejala penyakit kulit lainnya, seperti rosacea dan psoriasis.

LUAILIYATUL MAHMUDAH

Baca: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Perawatan Rambut, Bisa Dibuat Sendiri



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *