Peserta Lulus SBMPTN Diminta Tak Ikut Seleksi Mandiri, LTMPT: Tak Etis

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih memberikan ucapan selamat kepada 184.942 peserta yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Sebab, untuk lulus dalam SBMPTN ini tidak mudah.

Ia pun meminta agar peserta yang lolos untuk memanfaatkan kesempatan yang didapat tersebut dengan tidak juga mengikuti Seleksi Mandiri. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada peserta yang belum bisa lolos SBMPTN.

“Ini kan kesempatan langka diterima di SBMPTN, manfaatkan sebaik-baiknya, tolong saling peduli karena masih banyak peserta yang belum seberuntung anda di SBMPTN,” ujar dia dalam Telekonferensi Pers Pengumuman Hasil SBMPTN 2021, Senin (14/6).

Pada dasarnya, mereka yang lulus SBMPTN tetap dapat mengikuti Seleksi Mandiri untuk universitas yang dituju. Aktivitas ini juga tidak masuk dalam pemantauan sistem yang ada.”Ujian mandiri itu dilakukan di masing-masing perguruan tinggi dan mereka juga tidak menerima data pendaftar yang ikut SBMPTN. Tidak ada kebijakan juga yang udah diterima untuk ikut mandiri,” terangnya.

Ia meminta kesadaran diri atau kepedulian para peserta yang sudah lulus untuk tidak mengikuti Seleksi Mandiri, karena akan membuat peluang untuk mereka yang belum lulus semakin berat. “Untuk kawan-kawan yang belum diterima ini kita berikan di jalur lainnya, sehingga mereka yang sudah diterima di SBMPTN tetap bisa memberikan kesempatan di mandiri. Ini (peserta sudah lulus SBMPTN ikut Seleksi Mandiri) sangat tidak bagus dan tidak etis,” tandasnya. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *