Pengaruhi Kualitas ASI, Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Menyusui

  • Bagikan
Pengaruhi Kualitas ASI, Batasi Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Menyusui


Sebagai ibu menyusui, Mums mungkin merasa lebih mudah lapar dan ingin makan apa saja yang Mums inginkan. Jika Mums memiliki pola makan yang sehat dan seimbang secara keseluruhan, sebenarnya Mums boleh makan apa yang dinginkan meskipun sedang menyusui.

 

Hanya saja, ada baiknya Mums membatasi konsumsi sejumlah makanan karena jika dikonsumsi secara berlebihan, ini bisa berdampak negatif bagi bayi maupun ibu. Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat menyusui?

 

Baca juga: Mums, Ketahui Pentingnya IMD untuk Kesuksesan ASI Eksklusif

 

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui

Berikut adalah makanan yang harus dihindari saat menyusui, atau minimal dikurangi.

 

1. Ikan tinggi merkuri

Merkuri ialah logam berat yang ditemukan di bumi. Bentuk merkuri yang disebut methylmercury ditemukan pada ikan, dan beberapa ikan mengandung lebih banyak merkuri daripada ikan yang lain. Beberapa ikan yang tinggi akan kandungan merkuri tinggi TOPNEWS.MY.ID lain, hiu, ikan todak, dan makarel raja.

 

Terlalu banyak merkuri dapat membahayakan ibu dan bayi yang sedang disusui. Paparan merkuri jangka panjang dapat mempengaruhi banyak bagian tubuh, seperti otak, sistem saraf, dan ginjal. Keracunan merkuri bahkan bisa mematikan.

 

Tapi tenang, Mums tidak harus menghindari makan ikan secara total saat sedang menyusui. Sebab, ikan merupakan sumber protein, asam dokosaheksaenoat (DHA), dan asam lemak Omega-3 yang baik. Jadi, Mums tetap boleh mengonsumsi ikan. Namun, pilihlah ikan atau makanan laut dengan konsentrasi merkuri rendah, seperti lele, nila, kerang, udang, dan kepiting, serta makanlah dua atau tiga kali seminggu.

 

Baca juga: Inilah Bahaya Keracunan Merkuri!

 

2. Produk susu

Sebagian bayi mungkin tidak toleran terhadap susu sapi. Saat Mums minum susu sapi atau mengonsumsi produk susu, maka alergen dapat mengiritasi bayi lewat ASI. Jika Mums mengonsumsi produk susu dan bayi menunjukkan gejala seperti kolik dan muntah, berarti Mums harus berhenti mengonsumsinya untuk sementara waktu.

 

Gejala lain dari alergi susu sapi bisa berupa masalah kulit, eksim, dan masalah tidur. Bayi yang tidak toleran terhadap susu juga mungkin mengalami alergi terhadap kedelai. Jadi, sebaiknya Mums tetap berhati-hati.

 

3. Peppermint

Jika peppermint dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi, ini bisa mengurangi produksi ASI. Jadi, saat kamu mengonsumsi herbal seperti ini, Mums wajib memantau jumlah suplai ASI, terutama saat bayi berada pada fase di mana ia membutuhkan lebih banyak ASI dari biasanya. 

 

Namun, teh peppermint baik untuk dikonsumsi Mums saat bayi sudah disapih untuk menghentikan produksi ASI. Sage juga termasuk dalam makanan yang mempengaruhi laktasi dan memberikan efek serupa dengan peppermint.

 

4. Alkohol

Saat menyusui, tidak disarankan untuk minum alkohol secara teratur. Sebab, minum alkohol bisa menyebabkan beberapa efek samping yang merugikan, seperti:

  • Menurunkan produksi ASI,
  • Mempengaruhi refleks let-down ibu menyusui,
  • Membuat bayi mengonsumsi alkohol melalui ASI,
  • Mengganggu kemampuan ibu untuk merawat anak.

Selain itu, paparan alkohol berulang kali melalui ASI dapat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan anak.

 

5. Cokelat

Cokelat kaya akan theobromine, yang saat dimakan, memiliki efek yang mirip dengan kafein. Meskipun Mums sangat menyukai cokelat, Mums harus mengurangi jumlah yang dikonsumsi saat menyusui. Selain itu, jika bayi menjadi sangat rewel, lebih baik hentikan konsumsi cokelat karena makanan ini bisa memicu bayi menjadi rewel. 

 

Cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak cokelat yang bisa Mums konsumsi adalah dengan mengamati perilaku bayi. Bayi mungkin menunjukkan perilaku rewel, tidak menentu, dan sulit tidur jika ibu mengonsumsi lebih dari 750 mg theobromine setiap hari.

 

ASI yang berkualitas sangat dipengaruhi oleh diet. Meskipun Mums tidak bisa membuat diet yang sempurna, namun pastikan Mums lebih berhati-hati dalam memilih makanan agar dapat memberikan ASI yang sehat bagi bayi.

 

Baca juga: Tingkatkan Produksi ASI untuk Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

 

 

Referensi:

Parenting.firstcry.com. 15 Foods you must avoid during breastfeeding. 

Verywellfamily.com. What shouldnt a nursing mother eat too much

 

 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *