Nyeri Haid Hebat dan Tak Teratur, Waspada Gejala Endometriosis

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Pernahkah mengalami nyeri haid yang hebat dan tak teratur? Jika iya, Anda perlu mewaspadai sebagai gejala penyakit endometriosis. Biasanya, endometriosis diderita oleh perempuan usia produktif, yang memerlukan pengobatan jangka panjang dan komitmen tinggi pasien.

Melalui Kampanye ENDometriosis bersama PT Ingin Anak (PTIA) dan Bayer menyerukan pentingnya kepedulian terhadap endometriosis. Kampanye ENDometriosis ini ditujukan kepada dokter, pasien, dan masyarakat.

Wakil Direktur Indonesia Medical Education and Research Institute (IMERI) Universitas Indonesia dan Ahli Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG (K), MPH, Dokter pendiri SMART IVF mengatakan, penyakit endometriosis dapat menyebabkan keluhan nyeri haid kronik sehingga menghambat produktivitas perempuan dan bahkan mengganggu keharmonisan keluarga. Studi tentang endometriosis di berbagai negara menunjukan bahwa penderita mengalami nyeri hebat saat haid.

Baca Juga: Terungkap, Vaksinasi Covid-19 Bisa Berikan Efek Haid Lebih Deras

“Dan mereka cenderung terpaksa izin atau tidak masuk sekolah maupun tempat bekerja akibat keluhan nyeri yang sangat hebat,” kata Prof Budi Wiweko secara daring, Senin (14/6).

Data di Amerika Serikat pada tahun 2002 melaporkan kerugian sebesar 22 milyar USD per tahun yang disebabkan oleh keluhan nyeri serta kekambuhan yang tinggi pada endometriosis. Endometriosis juga merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan tersering pada pasangan yang belum memiliki keturunan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *