Markis Kido Meninggal, Begini Kesan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Mantan pemain bulu tangkis ganda putra Indonesia, Markis Kido, meninggal pada Senin, 14 Juni 2021, pukul 18.40 WIB. Peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu mengembuskan napas terakhir saat bermain bulu tangkis di GOR Petrolin, Tangerang.

Mantan rekannya di pelatnas, Tontowi Ahmad, mengaku terpukul dengan kepergian seniornya itu dan mengajak seluruh rakyat Indonesia mengirimkan doa dan surat Al-Fatihah untuk Kido.

“Mau mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya buat panutan dan legenda bulu tangkis Indonesia,” ucap Tontowi melalui pesan video, Senin, 14 Juni 2021.

Atlet yang disapa Owi ini mengatakan banyak kenangan selama mengenal Kido. “Kesannya sangat bnyak, bisa bercanda bareng. Saya manggil Bang Uda ke dia. Belum lama ini main bareng. Semoga Bang Uda diterima di sisi Allah SWT,” ujarnya.

Tontowi Ahmad. (instagram/@tontowiahmad_)

Liliyana Natsir, mantan rekan Owi di nomor ganda campuran, mengaku terkejut dan kehilangan dengan meninggalnya Markis Kido.

Sosok yang akrab disapa Butet itu mengenang momen saat ia meraih medali emas ganda campuran Asia Junior Championship 2002 bersama Markis Kido.

“Uda Kido, tidak menyangka pergi secepat ini. Pertama kali saya ikut kejuaraan internasional adalah kejuaraan Asia junior. Saat itu, saya bermain ganda campuran bersama Uda Kido dan berhasil juara,” kata Liliyana Natsir dikutip dari Instagram pribadinya.

“Semoga Uda Kido ditempatkan yang terbaik di sisi-Nya dan Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan. Amin.”

“Selamat jalan Uda Kido!” tulis Liliyana.

Liliyana Natsir. (instagram/@natsirliliyana)

Pada awal kariernya, Markis Kido memang sempat bermain di dua sektor, yakni ganda campuran dan ganda putra.

Markis Kido yang tutup usia pada umur 36 tahun ini telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai turnamen bulu tangkis internasional. Ia pernah menduduki peringkat satu dunia untuk nomor ganda putra saat berpasangan dengan Hendra Setiawan.

Hendra Setiawan (kiri) dan Markis Kido merayakan perolehan meraih medali emas di ganda putra bulu tangkis di Olimpiade Beijing 2008, 16 Agustus 2008. Duet Markis-Hendra telah membuahkan banyak gelar termasuk 7 medali emas SEA Games. REUTERS/Beawiharta

Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan menjadi andalan Indonesia di nomor ganda putra setelah era Chandra Wijaya/Sigit Budiarto dan Luluk Hadianto/Alvent Yulianto Chandra. Banyak prestasi ditorehankan Kido di dunia bulu tangkis.

Prestasi tertinggi Markis Kido adalah saat berpasangan dengan Hendra Setiawan. Pasangan ini berhasil menjadi juara dunia 2007, menyabet medali emas Olimpiade Beijing 2008, dan meraih medali emas Asian Games Guangzhou 2010.

IRSYAN HASYIM

Baca Juga: Markis Kido Meninggal, Hendra Setiawan Kehilangan Rekan Terbaik



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *