Copa America 2021, 13 Anggota Timnas Venezeula Positif Covid-19

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Tiga belas anggota Timnas Venezuela dinyatakan positif Covid-19 hanya sehari sebelum mereka memainkan laga pembuka Copa America 2021 kontra Timnas Brasil. Meskipun demikian, laga TOPNEWS.MY.ID Brasil vs Venezuela disebut akan tetap berlangsung.

Menteri Kesehatan Brasil, Marcelo Queiroga, menyatakan bahwa delapan pemain Venezuela dan empat pelatih dinyatakan positif pada Jumat, 11 Juni 2021, tak lama setelah mereka tiba di Negeri Samba.

“Mereka semua baik-baik saja. Mereka semua diisolasi di hotel mereka, bersama dengan orang-orang yang pernah kontak dengan mereka,” katanya.

Konfederasi sepak bola Amerika Selatan (CONMEBOL) kemudian memperbarui data jumlah total yang terinfeksi, dengan mengatakan 13 anggota delegasi Venezuela telah dinyatakan positif. Akan tetapi CONMEBOL tak memperinci berapa banyak pemain dan berapa banyak staf.

Kapten Timnas Venezuela Tomas Rincon mnegakui bahwa dirinya merupakan salah satu pemain yang dinyatakan positif. Melalui pesan di media sosial Instagram, Rincon menyatakan sangat menyesal tak bisa membela negaranya.

“Saya sangat menyesal tidak bisa mewakili negara saya,” tulisnya.

Meskipun demikian CONMEBOL memastikan laga Brasil vs Venezuela akan tetap digelar. Mereka membuat aturan yang memungkinkan setiap tim melakukan pergantian anggota tanpa batas karena hasil positif Covid-19. Venezuela sendiri menyatakan telah memanggil 15 pemain baru sebagai pengganti darurat.

Pelatih Brasil Tite menyesali kejadian yang menimpa Venezuela. Pasalnya, Tim Samba akan menghadapi Venezuela yang kekuatannya melemah karena tak bisa menurunkan para pemain terbaiknya.

“Sayang sekali. Saya ingin ini menjadi pertandingan TOPNEWS.MY.ID yang setara,” katanya kepada wartawan sebelum latihan terakhir Brasil.

Ajang Copa America 2021 sebelumnya memang dikhawatirkan akan menjadi ajang penyebaran Covid-19. Argentina yang awalnya ditunjuk sebagai tuan rumah bersama Kolombia memutuskan mundur karena lonjakan kasus baru di negara tersebut. Kolombia mundur karena ketegangan polirik.

Dua partai oposisi plus sejumlah serikat pekerja di Brasil sempat mengajukan gugatan kepada Mahkamah Agung agar pesta sepak bola Amerika Selatan itu tak diberikan izin untuk digelar. Akan tetapi Mahkamah Agung Brasil menolak gugatan tersebut. Mereka hanya berpesan agar pemerintah menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada turnamen itu.

Para pemain Timnas Brasil yang awalnya berencana mogok main juga membatalkan niatnya. Mereka akhirnya menyatakan akan bermain membela Selecao meskipun tetap mengkritik turnamen itu.

Beberapa sponsor Copa America seperti Mastercard, raksasa bir Ambev dan perusahaan minuman beralkohol Diageo, menyatakan menarik merek mereka menjadi sponsor turnamen tersebut.

Laga pembuka Copa America 2021 TOPNEWS.MY.ID Venezuela vs Brasil akan berlangsung pada Senin dinihari nanti, 14 Juni 2021 pukul 04.00 WIB. Laga ini disebut akan diwarnai dengan protes di Brasilia.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *