Waspadai Keterlambatan Bicara Pada Anak

  • Bagikan
Waspadai Keterlambatan Bicara Pada Anak


TOPNEWS.MY.ID, Spesialis Anak Semen Padang Hospital (SPH) dr Dhina Lydia Lestari, Sp. A, M. Biomed mengingatkan para orang tua untuk mewaspadai keterlambatan bicara pada anak karena jika dibiarkan bisa jadi gangguan serius.

“Meski kemampuan berbicara atau berbahasa anak berbeda, namun kondisi terlambatnya bicara jika dibiarkan dan tidak ditangani dengan rujukan ahli bisa menjadi masalah serius pada anak,” kata dia di Padang, Sabtu, (12/6/2021).

Ia menjelaskan, speech delay atau terlambat bicara merupakan kegagalan dalam melakukan bicara berupa proses mekanik memproduksi suara pada anak dengan menggunakan bahasa, simbol dan sistem dalam komunikasi yang bersifat respektif dan ekspresif sehingga mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

“Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh National Centre for biotechnology Information, prevalensi gangguan speech delay pada anak berkisar 1 hingga 32 persen pada populasi normal,” kata dia.

“Oleh sebab itu jangan anggap remeh terlambat bicara karena jika tidak segera ditangani, dapat mengakibatkan masalah ketika anak menginjak usia dewasa,” lanjutnya.

Ia memaparkan organ yang terlibat pada mekanisme bicara adalah telinga, otak, mulut dan dada.

Anak yang akan mengalami risiko keterlambatan bicara disebabkan oleh sejumlah faktor mulai dari riwayat kelahiran berupa asfiksia, prematur, icterus dan kelainan fisik

Kemudian riwayat keluarga berupa kelahiran rapat dan tinggi, pernikahan dalam keluarga, multilingual, perpisahan dengan anggota keluarga dan pengetahuan keluarga

Lalu kehilangan fungsi pendengaran, Otitis media menetap dan kejang.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *