Wali Kota Makassar Komplain ke Mendagri, Orang Covid-19 Bisa Lolos di Bandara

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut berfokus pada pekerja luar daerah yang membawa Covid-19 masuk ke Makassar. 

Pekerja tersebut masuk ke Makassar lewat Bandara Sultan Hasanuddin.

“Saya sudah komplain, saya punya kursus itu kan dengan Mendagri, saya komplain itu, bagaimana orang bisa lolos 237 orang, setengahnya positif lewat bandara,” kata Danny Pomanto, Jumat, 11 Juni 2021.


Baca Juga: Berkunjung ke Makassar, Menko PMK Apresiasi Upaya Pemkot Tekan Laju…

Di sisi lain, ia mengatakan terus melakukan pelacakan kasus melalui Covid-19 Hunter. Saat ini pemerintah mengantensi kasus Covid-19 di Apartemen Sudirman yang dalam sepekan berlipat ganda

Hal itu berdampak pada Effective Reproduction Number (Rt) Kota Makassar mencapai 1,45.


Baca Juga: Pemkot Makassar Sosialisasikan Makassar Recover ke KNPI

Kenaikan angka Rt Kota secara konsisten selama sepekan terakhir. Per tanggal 4 Juni Rt Makassar masih mencapai 0,80 kemudian naik menjadi 1,1 tanggal 7, hingga data terakhir kasus telah mencapai 1,45.

Danny menilai kasus tersebut berbahaya bila Covid-19 yang menyebar merupakan varian baru.

“Jadi bayangkan kalau tidak ada Covid-19 Hunter ta, saya kan suruh hunt termasuk tempat makannya apa semua, kejar itu semua,” kata Danny.


Baca Juga: Kasus Covid-19 Tembus 100, Dewan Minta Pemkot Makassar Pastikan Klaster…

Epidemiologi Unhas Ridwan Aminuddin mengatakan Rt Kota Makassar yang terus meningkat hingga 1,45 dinilai sangat buruk.

Hal ini semestinya menjadi peringatan dini bagi Pemkot untuk lebih memperketat Kota Makassar. Pasalnya standar saat ini dinilai masih lemah.

“Secara umum, peningkatan kasus yang ada sekarang adalah alarm keras buat Pemkot untuk segera meningkatkan daya tempurnya,” kata Ridwan.

Menurutnya, selain berfokus pada Makasar Recovery, pemerintah kota diminta mengawal Makassar untuk memenuhi indikator standar yang direkomendasikan.

Indikator yang dimaksud adalah angka testing, tracing dan disiplin masyarakat yang saat ini masih lemah.

“Standar sekarang sangat buruk, Rt Makassar 1,45 itu sangat buruk,” lanjutnya.

Dia juga meminta pemerintah serius menangani dugaan varian baru yang mulai menghantui sejumlah daerah, sebelum kasus terlanjur menyebar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan