Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Cara Covid-19 Merusak Paru-paru, Vaksin, iPhone 6s

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang para ilmuwan di Department of Energy’s (DOE) Brookhaven National Laboratory, Amerika Serikat, mengungkap bagaimana SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, merusak paru-paru manusia. Mereka menemukan model tingkat atom terperinci pertama dari protein “amplop” SARS-CoV-2 yang terikat pada protein manusia yang menjaga lapisan paru-paru.

Berita terpopuler selanjutnya tentang tim riset vaksin Sinovac dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) tengah menyusun laporan akhir uji klinis di Bandung. Rencananya pertengahan Juni ini hasilnya akan disampaikan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui PT Bio Farma sebagai sponsor penelitian.

Selain itu, Apple mengumumkan daftar perangkat ponsel yang akan didukung dengan sistem operasi terbarunya, iOS 15, termasuk seri iPhone 6s. Pengumuman dilakukan Apple saat menjadi tuan rumah konferensi pengembang tahunan WWDC 7-11 Juni 2021.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Ilmuwan Temukan Cara Covid-19 Merusak Paru-paru Manusia

Para ilmuwan di Department of Energy’s (DOE) Brookhaven National Laboratory, Amerika Serikat, mengungkap bagaimana SARS-CoV-2, virus penyebab Covid-19, merusak paru-paru manusia. Mereka menemukan model tingkat atom terperinci pertama dari protein “amplop” SARS-CoV-2 yang terikat pada protein manusia yang menjaga lapisan paru-paru.

Penelitian itu menunjukkan bagaimana kedua protein berinteraksi, yang menjelaskan bagaimana virus dapat menyebabkan kerusakan paru-paru yang luas. Bahkan lepas dari paru-paru untuk menginfeksi organ lain pada pasien Covid-19 yang sangat rentan.

Temuan ini dapat mempercepat pencarian obat untuk memblokir efek penyakit yang paling parah. Pemimpin studi yang juga seorang ahli biologi struktural di Brookhaven Lab, Qun Liu, menjelaskan, dengan mendapatkan detail tingkat atom dari interaksi protein, pihaknya bisa menjelaskan mengapa kerusakan itu terjadi. “Dan mencari inhibitor yang secara khusus dapat memblokir interaksi ini,” ujar dia, seperti dikutip Scitech Daily, Selasa, 8 Juni 2021.

2. Tim Riset: Imunisasi Vaksin Sinovac Kemungkinan Perlu 3 Kali Suntikan

Tim riset vaksin Sinovac dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) tengah menyusun laporan akhir uji klinis di Bandung. Rencananya pertengahan Juni ini hasilnya akan disampaikan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melalui PT Bio Farma sebagai sponsor penelitian.

“Hasilnya tampaknya kemungkinan perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui persistent antibody dan booster,” kata manajer tim riset Eddy Fadlyana, Rabu, 9 Juni 2021.

Booster yang dimaksud adalah suntikan vaksin penguat, atau yang ketiga setelah orang diimunisasi dua kali. “Kalau efikasi kemungkinan ada penurunan, kan antibodinya juga turun dengan sendiri karena itu perlu booster,” ujarnya.

Merujuk kabar terbaru dari hasil riset vaksin Sinovac di Cina, kata Eddy, dianjurkan suntikan ketiga setelah imunisasi awal dua kali. “Hasilnya terjadi peningkatan antibodi puluhan kali,” kata dia.

3. Ramai Reaksi Setelah iPhone 6s Masuk Daftar Kompatibel iOS 15

Apple mengumumkan daftar perangkat ponsel yang akan didukung dengan sistem operasi terbarunya, iOS 15, termasuk seri iPhone 6s. Pengumuman dilakukan Apple saat menjadi tuan rumah konferensi pengembang tahunan WWDC 7-11 Juni 2021.

Seperti yang dilakukan saat memperbarui dukungan ke iOS 14, update iOS 15 berlaku pula untuk semua perangkat yang menerima pembaruan sistem operasi satu generasi sebelumnya. Itu artinya, semua perangkat yang kini didukung iOS 14 akan beralih naik ke iOS 15.

Dalam daftar yang dirilis Apple, perangkat itu bisa sampai ke generasi iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang telah berusia enam tahun. Pengumuman itu langsung disambut gegap gempita para pengguna iPhone 6s. Ini karena beberapa kabar bocoran sebelumnya mencoret seri tersebut dari pembaruan iOS 15. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di TOPNEWS.MY.ID.

Baca:
Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Data Covid-19 di Indonesia, Gempa



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *