Cuma Karena Kelebihan Huruf L, Orang Tua Nyaris Gagal Daftarkan Anaknya PPDB

  • Bagikan
Cuma Karena Kelebihan Huruf L, Orang Tua Nyaris Gagal Daftarkan Anaknya PPDB


TOPNEWS.MY.ID  Orang tua siswa nampaknya harus benar-benar teliti sebelum mendaftarkan putra-putrinya pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) kali ini.

Pengalaman Tuti Alawiah (40) boleh jadi pelajaran berharga bagi orang tua siswa. Gara-gara selisih satu huruf nama anaknya, ia tak bisa mengimput data anaknya ke akun sentral PPDB DKI. 

Karenanya, dia mendatangi posko PPDB Jakarta Pusat 1 di SMKN 27, Sawah Besar. Ia ingin mendapatkan informasi soal gagalnya pendaftaran PPDB untuk anaknya. 

“Saya kan daftar PPDB, ternyata nama di Kartu Keluarga (KK) sama (nama yang diinput saat) pendaftaran sekarang itu nggak sesuai. Cuma masalah nama aja sih. Sekarang udah selesai. Tadinya saya bingung, kok nggak bisa masuk namanya, ternyata ada masalah di nama,” kata Tuti di posko pantau PPDB di SMKN 27 Jakarta Pusat, Rabu (9/6/2021). 

Dia menjelaskan, selisih huruf dalam nama itu membuatnya harus memperbaiki KK kembali ke Dukcapil. Beruntung Dukcapil juga membuka pelayanan di posko khusus PPDB. 

“Selisih satu huruf. Aslinya di KK itu dua huruf LL nya. Tapi begitu di input, dia tidak masuk namanya. Begitu saya datang kesini ternyata L nya cuma satu. Kesalahan di KK yang lama. Sudah diperbaiki disini juga,” ujarnya. 

Dia mengatakan, pelayanan di posko PPDB itu sudah sangat baik. Dia bisa menyelesaikan persoalan pendaftaran anaknya itu dengan baik di posko tersebut. Saat ini, dia sudah mengantongi nomer token pendaftaran PPDB. 

“Pelayanannya baik sih. Ramah. Cepet selesai,” katanya. 

Dia berharap problem PPDB tahun lalu tak lagi terjadi tahun ini. Misalnya soal syarat umur. Menurut dia, tahun lalu, anaknya gagal mendaftar ke SMK lantaran umurnya belum memenuhi syarat. 

“Kalau tahun kemarin anak saya nggak masuk sama sekali karena patokan umur. Kegeser terus. Saya udah sampai Jakarta Pusat, Jakarta Barat. Semua saya coba tetap kegeser. Hanya selisih berapa hari, nggak masuk. Makanya tahun ini mudah-mudahan karena saya juga mau masukin anak ke SMK,” ungkapnya. 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *