Adab Makan dan Minun Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

  • Bagikan




Reporter : TOPNEWS.MY.ID

Editor : S. Dian Andryanto



Selasa, 8 Juni 2021 17:01 WIB


TOPNEWS.MY.ID, Jakarta – Salah satu perkara yang harus diperhatikan ketika sedang makan ataupun minum ialah perkara adab. Karena mengajarkan kita agar mampu menghargai sebuah hidangan.

Bahkan dalam agama Islam asangat memperhatikan dan juga menjunjung tinggi perkara adab makan dan minum karena mengandung nilai yang amat baik. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Allah SWT dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 168 yang berbunyi: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu,” (QS. Al-Baqarah :168).

Dalam ayat tersebut Allah SWT menjelaskan bahwa ada dua perkara yang harus kita perhatikan sebelum mengkonsumsi makanan maupun minuman yaitu perkara zat makanan yang akan kita makan dan tata cara mengonsumsi makanan tersebut.Adapun adab-adab makan dan minum yang perlu diperhatikan diantaranya:

1. Memakan makanan yang halal lagi baik.Salah satu aspek yang penting diperhatikan sebelum mengkonsumsi makanan ialah melihat zat dari makanan tersebut, yaitu makanan yang halal dan juga baik dalam artian semua jenis makanan yang hukumnya hahal untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, sehingga tidak menimbulkan penyakit atau tidak merugikan kesehatan tubuh.

2. Membacaa doa sebelum makanMembaca doa sebelum makan sangat dianjurkan dalam Islam agar senantiasa makanan yang kita makan mendapatkan keberkahan disisi Allah SWT dan terhindar dari setan laknatullah.

3. Menggunakan tangan kananSebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya, “Apabila salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan pula karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim)

4. Tidak mencela makananMencela makanan merupakan adab yang tidak baik, karena sejatinya makanan tersebut merupakan ciptaan Allah SWT, dan juga dapat menyakiti hati orang yang telah menyajikannya atau memasaknya.

5. Membaca doa setelah makan.Doa setelah makan merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah yang senantiasa masih memberikan kita sebagian dari nikmatnya. Sehingga bagi ummat Islam sangat dianjurkan untuk membaca doa setiap kali selesai makan.

SABAR ALIANSYAH PANJAITAN 

Baca: Berdoa Sebelum Makan dan Setelah Makan Jauhkan Dari Setan Terkutuk



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan