10 Timnas Terbaik Dunia Calon Juara Euro 2020 atau Copa America 2021

  • Bagikan
Manchester City


“Delapan tim Eropa diunggulkan di Euro 2020 dan dua tim Amerika Latin untuk Copa America 2021.”

TOPNEWS.MY.ID – Kompetisi sepakbola antarklub sudah berakhir dengan puncaknya terjadi pada keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Champions. Kini, semua mata tertuju pada dua turnamen antarnegara bergengsi, yaitu Euro 2020 dan Copa America 2021. 

Sebagai kiblat sepakbola dunia, Euro dan Copa America selalu dinantikan para penggemar internasional. Keberadaan para pemain hebat dan permainan menghibur menjadi alasan utama gengsi Euro dan Copa America hanya kalah dari Piala Dunia.

Untuk edisi kali ini yang berlangsung ditengah pandemi Covid-19, sejumlah negara diunggulkan untuk menjadi pemenang. Mereka adalah timnas-timnas dengan materi pemain terbaik. Mereka punya pemain atau permainan dengan level yang layak dibanggakan.

Berikut ini 10 timnas terbaik di dunia era terkini berdasarkan peringkat FIFA, yang memiliki potensi menjuarai Euro 2020 atau Copa America 2021:

1. Belgia

Belgia ada diunggulan utama karena sedang berada di puncak peringkat dunia FIFA. Mereka bertabur superstar sepakbola. Di bawah Roberto Martinez, mereka mampu finish ketiga di Piala Dunia 2018. Itu prestasi terbaik mereka sejak menjadi runner-up Euro 1980. Kini, Belgia berharap untuk mengklaim gelar pertama dalam sejarah Euro.

2. Prancis

Juara dunia adalah pertandingan untuk siapa saja dan mereka mungkin bisa memilih tiga atau empat starting XI yang sangat berbeda yang bisa melaju jauh di turnamen internasional. Sisi manapun dengan Paul Pogba, N’Golo Kante, Antoine Griezmann dan Raphael Varane adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dan mereka menjadi tim yang paling dijagokan di musim panas ini.

3. Spanyol

Meski La Furia Roja tidak seperti satu dekade yang lalu, masih ada banyak talenta yang dimiliki Luis Enrique sehingga sulit untuk menumbangkan mereka saat pertandingan dimainkan. Kemenangan 6-0 atas Jerman pada November tahun lalu menunjukkan kekuatan Spanyol.

4. Brasil

Orang-orang seperti Fernandinho, Rodrygo Goes, dan Arthur Melo yang dikeluarkan dari skuad Copa America 2021 menyoroti kekuatan secara mendalam Brasil yang sangat dibanggakan. Mereka selalu menjadi kekuatan besar di Piala Dunia. Tahun ini Brasil kembali menginginkan menjuarai Copa America.

5. Portugal

Dengan Cristiano Ronaldo di dalamnya, Portugal adalah tim yang harus dianggap serius. Sang juara bertahan juga memiliki banyak bakat hebat seperti Bruno Fernandes atau Bernardo Silva. Mereka memiliki potensi untuk mempertahankan gelarnya tahun ini.

6. Italia

Roberto Mancini secara diam-diam membangun skuad yang menarik sejak pengangkatannya. Kini, ada banyak pemain muda berbakat di skuad Italia. Kejatuhan mereka setelah memenangkan Piala Dunia 2006 sangat dramatis. Tapi, Gli Azzurri akan segera kembali ke atas.

7. Belanda

Mereka adalah salah satu negara Eropa yang lebih sederhana. Tapi, satu dengan sejarah sepakbola yang kaya dan skuad yang sekarang luput dari radar. Orang-orang seperti Frenkie de Jong , Memphis Depay, dan Matthijs de Ligt membuat De Oranje menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan.

8. Jerman

Juara Piala Dunia 2014, tidak mungkin menghapus Jerman. Mereka memang kalah 0-6 dari Spanyol tahun lalu. Tapi, selalu saja ada pelajaran dari kekalahan itu. Dengan Kai Havertz dan Timo Werner, mereka juga memiliki mental juara Liga Champions.

9. Inggris

Inggris memiliki skuad yang sangat bertalenta. Pemain seperti Jude Bellingham dan Jadon Sancho tampil impresif di Jerman. Sementara Harry Kane bisa dibilang sebagai pemain No.9 terbaik di dunia. Gareth Southgate bahkan meninggalkan pemain AC Milan, Fikayo Tomori, karena memiliki skuad yang sangat banyak.

10. Argentina

Mereka akan mengandalkan Lionel Messi. Meski sepakbola adalah permainan kolektif, sejarah mencatat La Pulga seorang diri bisa membawa Barcelona merajai Spanyol dan Eropa. Jadi, kini layak dinantikan percobaan kesekian kalinya bersama Argentina, apakah akan berhasil atau gagal lagi? Hanya Messi yang bisa menjawab! 

(muhammad alkautsar/mit)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *