Hampir Seribu ODGJ dan Penyandang Disabilitas di Surabaya Divaksinasi

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID–Pemkot Surabaya mulai melakukan vaksinasi pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas. Menurut catatan, terdapat 5.394 penyandang disabilitas dan 3.671 ODGJ.

Berdasar data Dinas Kesehatan Kota Surabaya pada hari pertama vaksinasi tahap III, Kamis (3/6), warga yang masuk kategori rentan itu sangat antusias. ”Bahkan, sehari kemarin (2/6) saja, kami memberikan vaksin Covid-19 kepada 916 orang. Rinciannya, 481 orang penyandang disabilitas dan 435 orang lainnya ODGJ. Vaksinasi ini terus kami lanjutkan sampai hari ini (3/6),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita.

Para penyandang disabilitas itu divaksinasi di puskesmas terdekat sesuai dengan wilayah mereka masing-masing. Sedangkan khusus untuk pasien ODGJ, petugas puskesmas mendatangi lokasi pasien di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) untuk memberikan vaksin Covid-19.

”Jadi, datanya dari Dinas Sosial lalu kita lakukan vaksinasi. Tapi kami lebih khususkan kepada ODGJ yang usianya sudah di atas 18 tahun,” terang Febria Rachmanita.

Febria Rachmanita meminta kerja sama dan dukungannya seluruh peserta vaksin tahap III. Dia berharap mereka tidak menolak dan menunda pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *