Cerdiknya Timnas Indonesia Dua Kali Lolos Jebakan Offside

  • Bagikan
Manchester City


“Menyadari bek tengah Thailand berpostur tegap Suphan Tongsong (183 cm) dan Manuel Tom Bihr (184 cm), umpan terobosan jadi efektif. Cek video.”

TOPNEWS.MY.ID – Gol dari I Kadek Agung dan Evan Dimas membawa tim nasional Indonesia mengimbangi Thailand dengan skor 2-2 dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Jumat dinihari WIB.

Pada laga tersebut, Indonesia dua kali tertinggal dari Thailand tapi mampu bangkit lewat gol-gol dari Kadek dan Evan.

Satu angka dari pertandingan tersebut menjadi poin pertama Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia karena pada lima laga sebelumnya mereka selalu kalah dari lawan-lawannya, dua kali Malaysia, sekali dari Thailand, UEA dan Vietnam.

Satu poin itu patut disyukuri. Menariknya lagi dua gol Indonesia ke gawang Thailand tercipta lewat mekanisme lolos dari jebakan offside yang mirip.

Menyadari dua bek tengah Thailand berpostur tinggi tegap yaitu Suphan Tongsong (183 cm) dan Manuel Tom Bihr (184 cm), untuk bisa menembus diperlukan umpan datar satu dua. Pada poin itulah kecepatan penyerang Indonesia menjadi titik keunggulan.

Tim besutan Shin Tae-yong sebenarnya tertinggal lebih dulu saat laga baru berjalan lima menit ketika kemelut di hadapan gawang mampu dioptimalkan oleh Narubodin Weerawatnodom untuk membawa Thailand memimpin.

Indonesia mampu mencetak gol balasan pada menit ke-39. Pada saat itu,  Syahrian Abimanyu dengan jeli melihat posisi Kadek Agung yang merangsek masuk kotak penalti lawan. Umpan Syahrian bisa dikuasai oleh Kadek yang dengan dingin menaklukkan kiper kawakan Thailand Siwarak Tedsungnoen (37 tahun) untuk membuat kedudukan jadi imbang 1-1 hingga turun minum.

Lima menit memasuki babak kedua, Thailand mengembalikan keunggulan mereka melalui Adisak Kraisorn, saat penyerang berusia 30 tahun itu mampu menanduk bola umpan kiriman bek tengah Suphan Tongsong.

Keunggulan Thailand kali ini kembali tidak bertahan lama sebab 10 menit berselang Evan Dimas dengan sigap menyambar umpan Egy Maulana Vikri untuk memperdaya kiper Siwarak Tedungnoen. Evan Dimas juga berhasil lolos dari jebakan offside sangat tipis.

Shin Tae-yong menggunakan seluruh lima pergantian pemain Indonesia, tetapi hal itu tak mampu mengubah banyak keadaan dan skor 2-2 bertahan hingga bubaran.

Susunan pemain Thailand versus Indonesia.

Thailand: Siwarak Tedsungnoen-pg (kapten), Suphan Tongsong, Manuel Tom Bihr, Sarach Yooyen, Adisak Kraisorn (87′, Supachai Chaided), Thanawat Suengchitthawon, Ernesto (79′ Sasalak Haiprakhon), Pathompon Charoenrattanapirom (69′, Supanat Mueanta), Narubadin Weerawatnodom, Phitiwat Sookjitthammakul (79′, Thitiphan Phuangchan), Ekanit Panya (68′, Supachok Sarachat).

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Arif Satria, Pratama Arhan, Witan Sulaeman (70′, Adam Alis), I Kadek Agung (84′, Rachmat Irianto), Evan Dimas, Syahrian Abimanyu (84′, Genta Alparedo), Egy Maulana (63′, Osvaldo Haay), Kushedya Yudo (84′, Muhammad Rafli).

(mon)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *