2021, Bulan Dana PMI Pemalang Ditargetkan Raih Rp1,49 M

  • Bagikan


PEMALANG – Penyelenggaraan Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pemalang tahun 2021 ditargetkan mampu meraih capaian bersih sebesar Rp800 Juta. Program tersebut dimulai Rabu (2/6/2021).

Ketua penyelenggara bulan dana PMI Kabupaten Pemalang Letkol Inf. Irvan Christian Tarigan menjelaskan, pihaknya menetapkan target kotor sebesar Rp1.491.750.000 yang terdiri dari lima jalur yakni jalur pelajar dan mahasiswa sebesar Rp518.250.000, jalur masyarakat sebesar Rp420,900 juta, jalur perbankan/perusahaan sebesar Rp126,100 juta.

“(Selain itu), jalur dinas/instansi (sebesar) Rp159.600.000, dan jalur dari ASN/TNI/Polri/anggota DPRD sebesar Rp266.900.000,” ungkapnya.

Target perolehan pertama, lanjutnya, adalah kelompok rumah tangga, ASN, TNI, Polri, Pegawai BUMN, BUMD, pengusaha, anggota DPRD dan pemerintah desa. Selanjutnya, para pemilik toko, warung, koperasi dan usaha lainnya. Lalu, kelompok pelajar dan mahasiswa, dan terakhir adalah lembaga keuangan, lembaga pendidikan, dan perusahaan. Kelompok sasaran akan dimintai iuran dengan menggunakan kupon senilai dua ribu dan sepuluh ribu rupiah. Irvan mengharapkan dukungan semua pihak demi kesuksesan program tersebut.

“Sesuai hasil rapat terakhir juga nanti kupon ini akan ditingkatkan. Ada Rp50 ribu, Rp100 ribu, dan piagam senilai Rp25 ribu dan Rp50 ribu. Untuk mekanisme disribusi sarana bulan dana PMI ini yang berupa kupon dan piagam telah diatur dalam petunjuk teknis pelaksanaan bulan dana PMI Kabupaten Pemalang tahun 2021”, kata Irvan.

Sementara Bupati Pemalang diwakili Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mengatakan, sebagai organisasi sosial kemanusiaan, PMI telah mengambil peran sebagai mitra kerja pemerintah daerah dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan dan kegiatan sosial kemanusiaan, khususnya kesiapsiagaan penanggulangan bencana, pelayanan sosial, penyediaan darah dan pembinaan keterampilan hidup sehat bagi pelajar dan remaja.

“Berbagai program dan kegiatan yang diinisiasi dan dilaksanakan PMI selama ini telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat “, ungkap Bupati.

Agar peran PMI dalam membantu masyarakat dapat terus eksis dan berkelanjutan, pihaknya berharap semua komponen masyarakat dapat memberikan dukungan nyata, salah satunya dengan cara menyisihkan sebagian rezekinya untuk mendukung gerakan bulan dana PMI.

“Karena dukungan tersebut merupakan bentuk kepercayaan kepada PMI yang tentu harus disyukuri, disikapi dan ditindaklanjuti secara positif oleh PMI Kabupaten Pemalang,” ujarnya.

 

Penulis: Heyder/Kontributor Pemalang
Editor: Tn/Ul, Diskominfo Jateng



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *