Lonjakan Covid-19: Ruang ICU di Kudus Penuh hingga Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Capai 2.013 Orang



TOPNEWS.MY.ID – Salah satu wilayah yang mulai kewalahan menghadapi naiknya jumlah pasien covid-19 adalah Kudus, Jawa Tengah.

Tak cuma jumlahnya yang naik, para tenaga kesehatan juga terinfeksi, semakin menekan kemampuan pelayanan kesehatan hingga sejumlah pasien dirujuk ke rumah sakit daerah lain.

Menjawab pertanyaan wartawan tentang kenaikan angka kasus positif covid-19 di 8 Kabupaten-Kota di Jawa Tengah termasuk Kudus, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, meminta kepada warganya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Di Ibu Kota, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet juga mengalami lonjakan jumlah pasien. Jumlah pasien per hari ini tembus lebih dari dua ribu orang.

Saat ini di RSD Wisma Atlet Kemayoran, pasien lebih banyak yang masuk dibandingkan yang keluar.

Pada Senin lalu (24/5), ada 1.300 pasien. Hari ini (30/5), pasien sudah mencapai 2.000 pasien lebih. Artinya ada kenaikan sekitar 700 pasien hanya dalam 6 hari.

Jumlah pasien rawat inap di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat tercatat mencapai 2.013 orang atau 33 persen dari kapasitas tempat tidur.

Jumlah tersebut berdasarkan data Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), di Jakarta, Minggu (30/5/2021).

Jumlah ini meningkat signifikan dibandingkan pekan lalu pada 23 Mei 2021 yang mencapai 1.251 orang dan dua pekan sebelumnya (16/5/2021) sebanyak 929 orang.

Tingginya jumlah pasien ini diketahui berasal dari klaster pemudik dan klaster keluarga pasca libur lebaran.

Sekali lagi, keterbukaan data penting.

Jangan sampai kita menunggu masyarakat yang buka suara karena sulitnya mendapatkan layanan kesehatan, baru pemerintah bergerak dalam kondisi yang sudah serba terlambat.

https://www.youtube.com/watch?v=XnYI4Lzy3eY

Respon (20)

  1. Kita sudah menjaga Protokol kesehatan.Tapi kita sudah berusaha makan makanan yang bergizi dan tak lupa minum vitamin.Semoga kita terhindar dari covid – 19 🥰🥰👍🏻🙏🏻.

  2. sya kpaksa bulak balik kota ke kampung demi cari nafkah buat anak istri alhmdllah sya msih sehat anak istri masih sehat klopun sya mati krna covit gpp dri pda mati kelaparan dn anak istri klaparan krna sya gk dpat bantuan dru siapapun alias gk krja gk makan

  3. Penyakit sing paling susah di atur lan susah di atasi kui penyakite wong ngeyel jln satu2nya yg bisa nyembuhi yo covid mati yo ben mati uripo yo mung nyusahne

  4. Indonesia sdh sehrs bersiap pencegahan lockdown sementara oe semi lockdown klw Mw Covid-19 tdk melonjak sdh sehrs nya Pemerintah bersiaga mulai skrng
    Semoga Indonesia dapat mengendalikan …………Nya 🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *