Persib Belum Tentukan Kiper Utama untuk Liga 1 | Bolaindo

  • Bagikan



Rotasi adalah hal yang kerap dilakukan Persib Bandung dalam keikutsertaannya di Piala Menpora 2021.

Rotasi yang dilakukan Persib di turnamen pramusim itu melibatkan semua posisi, tidak terkecuali pos penjaga gawang.

Setidaknya, tiga kiper yang didaftarkan Persib di Piala Menpora 2021; I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dhika Bayangkara, diberi kesempatan bermain oleh pelatih kepala Persib Robert Rene Alberts.

Tercatat, Made Wirawan mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak ketimbang dua nama lainnya.

Mantan pemain Persiba Balikpapan itu tampil dalam lima pertandingan, termasuk dua laga final menghadapi Persija Jakarta.

Alberts mengatakan, dirinya memang sengaja memberikan kesempatan bermain untuk semua kiper dalam skuadnya. Tujuannya, untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka setelah setahun tidak bermain di level kompetitif, karena penghentian kompetisi lantaran wabah virus corona.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya melihat banyak tim yang hanya memainkan satu kiper saja di turnamen itu. Bagaimana perasaan kiper lain, mereka pasti ingin bermain lagi setelah satu tahun tidak bermain,” kata Alberts kepada wartawan, Sabtu (29/5/2021).

“Jika saya menjadi pesepakbola dan merasa ‘saya bisa bermain sepakbola lagi’, maka apapun jenis pertandingannya, saya ingin memberinya kesempatan,” sambung dia.

Meski begitu, Alberts mengatakan, situasi berbeda akan terjadi di kompetisi. Dia akan memilih sosok terbaik untuk diandalkan mengawal gawang klub berjulukan Maung Bandung itu.

Hanya saja, hingga saat ini, Alberts belum menentukan siapa yang nantinya akan menjadi kiper utama Persib. Bila melihat kecenderungannya, Made Wirawan dan Teja Paku Alam menjadi kandidat kuat kiper utama Persib Liga 1 2021.

Pasalnya, Teja adalah kiper utama Persib di Liga 1 2020. Dari tiga laga yang dimainkan Maung Bandung di kompetisi musim lalu, Teja tampil dalam dua pertandingan.

Adapun Made Wirawan, meski usianya terbilang gaek, namun performanya di lapangan masih bertaji. Musim lalu, Made pun sempat bermain dalam satu pertandingan bersama Persib.

“Sedangkan untuk liga itu berbeda karena berbicara soal menang, jadi kami harus menyiapkan siapa kiper terbaik,” tutur Alberts.

“Ya, ketika liga dimulai, kiper terbaik yang akan tampil karena memang dia layak dimainkan dan sudah menunjukkan permainan yang bagus di laga lainnya,” tegas dia.

Selain Teja, Made Wirawan, dan Dhika Bayangkara Persib sejatinya masih memiliki dua kiper lainnya yang secara kualitas cukup layak masuk dalam skuad tim di Liga 1 2021. Kedua pemain tersebut adalah Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby dan Aqil Savik.

Akan tetapi, Alberts tampaknya punya rencana untuk dua kiper tersebut. Meminjamkan keduanya ke tim satelit Persib, Bandung United.

Khususnya bagi M Natshir, keputusan peminjamannya ke Bandung United bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan diri dan performanya setelah sempat mengalai cedera patah tulang kaki pada 2019 lalu.

Berita Terkait



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan