Ingat, Meremas Payudara Bukan Penyebab Kanker

  • Bagikan
Ingat, Meremas Payudara Bukan Penyebab Kanker


TOPNEWS.MY.ID Banyak rumor beredar yang berkaitan dengan kesehatan. Salah satunya adalah kebiasaan meremas payudara yang diyakini dapat menimbulkan kanker payudara.

Rumor itu tentu saja menimbulkan keresahan, khususnya di kalangan wanita. Akibatnya, jika seorang wanita memiliki benjolan pada payudara, dia menghubungkannya dengan kebiasaan meremas payudara sehingga timbul rasa panik dan mengira itu adalah kanker, padahal belum tentu benjolan itu adalah kanker

Menurut para pakar kesehatan, sekitar 5-10 persen angka kejadian kanker payudara dikaitkan dengan mutasi gen yang diturunkan secara genetik. Selain itu, ada juga beberapa faktor risiko terjadinya kanker payudara, yaitu:

Jenis Kelamin

Kejadian kanker payudara pada wanita jauh lebih tinggi dibandingkan pada pria. Pada pria hanya terjadi 1 persen setiap tahunnya.

Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, risiko terjadinya kanker payudara semakin meningkat.

Riwayat Kanker Payudara dalam Keluarga

Jika ada satu atau beberapa orang dalam keluarga memiliki riwayat kanker, kamu perlu waspada. Selain itu, jika satu sisi payudara pernah terkena kanker payudara maka ada kemungkinan untuk payudara sisi lain juga terkena kanker.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *