Beli COD Barang Tak Sesuai, Kurir Diamuk, Saatnya Membasmi Penipu Berkedok Online Shop

  • Bagikan


TOPNEWS.MY.ID – Seorang pria mengamuk pada kurir pengantar barang yang dibeli lewat sistem COD atau cash on delivery. Ada juga ibu-ibu viral karena memaki kurir. Masalahnya sama: barang yang dibeli secara online tak sesuai pesanan. Tapi kenapa kurir yang jadi sasaran? 

Kurir dari perusahaan ekspedisi hanya bertugas mengantar barang. Isi barang tentu saja bukan tanggung jawabnya. Jika ingin memaki atau mengamuk dan meluapkan amarah mestinya pada toko online tempat beli barang, bukan pada kurir. Tapi karena kekecewaan terlanjur memuncak dan di depan mata hanya ada kurir, jadilah sasaran. Apes benar nasib si kurir.

Cerita beli barang secara online ternyata yang datang tak sesuai pesanan, atau berbeda dengan fotonya, bukan cerita baru. Bahkan ada yang sudah transfer tapi barang yang ditunggu tak kunjung datang. Di dunia online shop banyak penjual jujur penuh tanggung jawab, tapi banyak juga penipu memanfaatkan keadaan. 

Cerita lama ini mestinya tak boleh terus terulang. Mumpung ada momentum saatnya negara bertindak keras pada penipu yang berkeliaran di dunia maya dengan kedok online shop atau apapun. Semakin banyak penipu jenis ini ditangkap dan dipenjara, mestinya makin sedikit yang ingin coba-coba. Katanya sekarang era ekonomi digital. Negara perlu menyiapkan semua infrastruktur yang diperlukan agar ekonomi digital benar-benar tumbuh matang dan memberi manfaat pada semua yang terlibat, penjual, pembeli dan penyedia marketplace. Tak hanya pembeli, pelaku online shop pun juga bisa jadi korban penipuan.

Tren belanja online akan terus tumbuh. Mestinya pemangku kepentingan juga sudah tahu edukasi soal ini perlu terus dilakukan. Perkara belanja atau jualan online juga ada ilmunya, terutama agar tak jadi korban penipuan. Bagaimana memilih penjual online terpercaya, memilih sistem pembayaran, dan lain-lain. Tapi di atas semua itu, penegakan hukum kuncinya. Perlu menunggu momentum apalagi? Sambil terus berbusa-busa bicara soal ekonomi digital, sekarang saatnya membasmi penipu berkedok online shop yang berkeliaran di dunia maya.

Setelah menangkap pria yang mengamuk pada kurir, online shop yang sudah melakukan penipun juga harus diciduk. Ini perlu dilakukan, bukan hanya agar tak ada lagi yang mengamuk pada kurir karena barang yang dibeli lewat sistem COD tak sesuai pesanan, tapi juga bukti nyata dukungan negara pada ekonomi digital bukan retorika semata. 

Penulis Redaksi

Editor Suyanto Soemohardjo

KOMENTAR

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi TOPNEWS.MY.ID. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *