PDIP Ingin Cetak Hat-trick di Pilpres 2024, Begini Analisa Burhanuddin Muhtadi

  • Bagikan
PDIP Ingin Cetak Hat-trick di Pilpres 2024, Begini Analisa Burhanuddin Muhtadi


TOPNEWS.MY.ID, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pasang target menang Pilpres kemenangan tiga kali berturut-turut di Pemilu 2024 nanti. Dia meminta seluruh kader PDIP solid untuk terus merebut hati rakyat.

“Jangan lengah. Terus turun ke bawah. Solid dan semangat bekerja untuk rakyat. Terus perkuat persatuan karena ini pertarungan bagaimana ideologi Pancasila terus menjadi daya gerak perjuangan kita,” ujar Megawati  saatvhalal bihalal secara virtual dengan ratusan pengurus partai dan organisasi sayap partai dari seluruh Indonesia beberapa waktu lalu.

Seperti apa peluang menang Capres PDIP di Pilpres 2024? Apalagi belakangan, internal PDIP sendiri memanas karena kader PDIP yang sekarang menjabat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dinilai terlalu ambisius. 

Di chanel Youtube Helmy Yahya Bicara dengan Judul ‘Ada Apa Dengan Ganjar? seperti dilihat TOPNEWS.MY.ID, Sabtu (29/5/2021), Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi membahas potensi kemenangan PDIP di Pilpres 2024. Burhan mengungkap sejumlah faktor.

Burhan mereviews hasil Pilpres 2014 dimana Capres yang diusung PDIP menang. Kemudian kemenangan berlanjut di Pilpres 2019. bagaimana dengan Pilpres 2024?

“Kalau misalnya positioning bagus, kader yang dipilih sebagai capres juga pas. Potensi menang tiga kali berturut-turut besar,” kata Burhan.

Setidaknya ada dua faktor mengapa PDIP berpotensi besar memenangi Pilpres tiga kali berturut-turut. Pertama, PDIP memiliki kader yang juga seorang presiden dengan kinerja yang diakui mayoritas masyarakat. 

Sebab berdasarkan survei Indikator pada April 2021, di tengah situasi pandemi COVID-19, approval rating Jokowi mencapai 71%.

“Apa yang menyebabkan (approval rating Jokowi tinggi)? Dengan segala kritik kita terhadap penanganan pandemi, ternyata kalau kita lihat data John Hopkins University, kalau ukurannya death rate per million people, masih rendah, orang meninggal karena COVID di Indonesia. GDP kita juga sudah membaik. Kuartal pertama (2021), GDP kita minus 0,74. Coba lihat negara-negara lain, lebih parah,” kata Burhan.

Dari approval rating Jokowi yang tinggi itu, katanya, PDIP adalah partai yang paling banyak diuntungkan. Tanpa harus kerja keras, PDIP mendapat poin positif. Ditambah lagi PDIP juga menguasai banyak kementerian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Selain itu, PDIP juga memiliki banyak kader yang masuk dalam bursa capres 2024. Sebut saja, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

“Ganjar secara umum masih nomor 1, nomor 2 (survei eletabilitas capres). Survei terakhir 15%. Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) 14%. Risma juga lumayan sekitar 3-4%, Puan not bad sekitar 2%,” katanya.

Karenanya Burhan yakin, PDIP masih berpotensi besar memenangi Pilpres 2024. Karena PDIP memiliki semua modal untuk kembali menang di Pemilu 2024 mendatang. []



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *