Mencegah Gula Darah Naik, Konsumsi Kacang Polong!

  • Bagikan
Mencegah Gula Darah Naik, Konsumsi Kacang Polong!


Informasi kesehatan ditinjau dan diedit oleh dr. William

Kacang-kacangan adalah sumber makanan yang sangat bagus untuk orang dengan diabetes. Hampir semua jenis kacang-kacangann sehat, salah satunya kacang lentil. Apa manfaat mengonsumsi kacang lentil terhadap kontrol gula darah?

 

Lentil dapat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan kontrol glikemik, dua faktor penting dalam mengelola diabetes tipe 2. Lentil merupakan merupakan salah satu jenis kacang-kacangan, superfood yang kaya akan serat makanan, baik yang larut maupun tidak larut. Apabila tidak tercerna, akan keluar dari tubuh kita.

 

Lentil diklasifikasikan sebagai kacang-kacangan. Didefinisikan sebagai biji kacang polong kering. Lebih dikenal sebagai bahan dasar untuk sup dan kari India. “Lentil merupakan makanan padat nutrisi yang memiliki potensi untuk mengurangi penyakit kronis yang berhubungan dengan kadar glukosa tidak terkelola dengan baik,” ucap Alison Duncan, peneliti di University of Guelph, Kanada.

 

Baca juga: Tips Diet Sehat Diabetes: Banyak Makan Kacang!
 

Manfaat Kacang Polong untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Menurut dr. Alison, seorang profesor di Departemen Kesehatan dan Ilmu Nutrisi di Kanada, seseorang yang mengganti setengah porsi nasi dengan lentil, kandungan glukosa darah di tubuhnya bisa berkurang hingga 20 persen. Begitu juga bila mengganti kentang dengan lentil, bisa menyebabkan penurunan 35 persen.

 

Penelitian yang dilakukan Alison dan rekannya tersebut diterbitkan di Journal of Nutrition. Penelitian melibatkan 24 orang dewasa sehat yang diberi makanan empat hidangan berupa nasi putih, setengah nasi putih dan lentil hijau besar, setengah nasi putih dan setengah lentil hijau kecil, serta setengah nasi putih dan setengah lentil merah.

 

Setelah itu, para peneliti mengukur kadar glukosa dalam darah peserta sebelum mereka makan dan dua jam setelahnya. Mereka mengulangi proses untuk kentang dengan kombinasi yang sama seperti nasi putih.

 

“Kami mencampur lentil dengan kentang dan nasi karena biasanya, orang tidak makan kacang-kacangan saja, tapi mengonsumsinya dengan karbohidrat lain. Jadi, kami melakukan itu karena ingin mendapatkan hasil yang sebenarnya,” jelas Alison.

 

Hasilnya, glukosa darah turun dengan jumlah yang sama ketika setengah dari karbohidrat diganti dengan tiga jenis lentil. Glukosa darah terdiri dari gula yang ditemukan dalam darah selama pencernaan di saluran pencernaan bagian atas dan tergantung pada kandungan pati dari makanan yang dikonsumsi.

 

Baca juga: Panduan Ngemil Sehat untuk Penderita Diabetes

 

Mengurangi Risiko Diabetes

Lentil dapat memperlambat dan pencernaan dan pelepasan gula yang ditemukan dalam pati ke aliran darah. Pada akhirnya, mengurangi kadar glukosa darah. “Dengan penyerapan yang lebih lambat ini, berarti Kamu tidak mengalami lonjakan glukosa,” jelas Alison.

 

Bagaimanapun, kadar glukosa tinggi selama periode waktu tertentu, dapat menyebabkan salah kelola glukosa darah, yang merupakan ciri khas diabetes tipe 2. Pada dasarnya, lentil dapat menurunkan risiko itu. Diabetes tipe 2 merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah melebihi batas normal.

 

Masih menurut Alison, lentil mengandung komponen yang menghambat enzim yang terlibat dalam penyerapan glukosa. Serat yang terkandung dalam lentil dapat mendorong produksi asam lemak rantai pendek, yang dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

 

“Kami berharap semua orang, terutama penderita diabetes tipe 2 memasukkan lentil ke dalam makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Dengan begitu, kadar glukosa darah mereka akan berkurang,” harap Alison.

 

Umumnya, penderita diabetes dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Namun, hanya ada sedikit bukti tentang dampak nyata dari perubahan diet ini pada pasien yang mengelola diabetes jangka panjang.

 

Baca juga: Mana yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes, Nasi atau Kentang?
 

 

Referensi:

Science Daily. Lentils significantly reduce blood glucose levels

Project Open Hand. 5 Reasons Why You Should Eat Lentils!

Endocrine web. How to Eat Rice and Potatoes without Spiking Your Blood Sugar – Add Lentils



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *