Gampang Lelah? Ini Makanan Antilelah agar Lebih Berenergi

  • Bagikan

Gampang Lelah? Ini Makanan Antilelah agar Lebih Berenergi

Rasa lelah adalah hal normal. Tandanya, Moms perlu kembali mengisi energi, baik dengan mengonsumsi makan dan minum atau beristirahat. Tak hanya asal makan, Moms perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat agar bisa mengatasi lelah dengan maksimal.

Melansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa makanan yang bisa Moms konsumsi untuk mengatasi masalah mudah lelah. Let’s dig in!


1. Telur

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), umumnya satu buah telur mengandung 7 gram protein dan mampu memenuhi 4% kebutuhan kalsium harian dan 6% rekomendasi asupan vitamin A harian. Tak hanya itu, telur juga mengandung lemak tidak jenuh yang menjadi sumber energi Anda beraktivitas.

2. Pisang

Kaya akan potasium, serat, dan karbohidrat, pisang adalah salah satu bahan makanan penuh energi. Menurut sebuah studi yang dimuat jurnal PLoS One pada tahun 2012, pebalap sepeda yang mengonsumsi pisang menunjukkan performa yang sama baiknya dengan pebalap yang mengonsumsi minuman olahraga.

3. Almond


Kacang almond kaya akan nutrisi seperti lemak, serat, dan protein. Seluruh zat gizi ini mampu memberi perasaan kenyang dan dapat meningkatkan energi tubuh.

4. Semangka

Dehidrasi dapat membuat tubuh mudah lelah. Semangka adalah buah yang kaya akan air, sehingga menjadi sumber hidrasi tubuh yang baik. Menurut Agricultural Marketing Resource Center, semangka mengandung 92% air dan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C.

5. Kale

Zat besi adalah zat yang penting bagi tubuh, oleh karena tugasnya dalam mengikat oksigen dalam darah yang nantinya akan diolah sebagai energi. Maka, kurangnya zat besi di dalam darah dapat menyebabkan Anda jadi mudah lelah. Menurut USDA, 1 cangkir kale mentah mengandung cukup vitamin, antioksidan, mineral, dan utamanya zat besi.

6. Chia Seed

Biji rami atau chia seed sangat kaya akan nutrisi. 1 ons chia seed mengandung 4 gram protein, 11 gram serat, dan 9 gram lemak. Serat sangat penting untuk mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Perubahan tingkat gula darah yang sangat cepat juga dapat menyebabkan Moms menjadi mudah lelah.

7. Oat

Tinggi akan serat dan karbohidrat kompleks, oat dapat menyuplai kebutuhan energi tubuh dengan efektif. Dengan karbohidrat kompleks, tubuh butuh waktu lebih lama untuk memecah gula sehingga tubuh memiliki energi yang lebih lama pula.

Tipsnya, hindari makanan tinggi gula seperti sirup dan madu, roti putih, kue, minuman tinggi kafein, dan makanan ringan yang diproses tinggi seperti keripik kentang. Selain itu, Moms juga perlu makan dengan teratur, lengkap dengan makanan ringan dan makanan utama, serta jaga hidrasi tubuh Anda ya, Moms. (Gabriela Agmassini/SW/Dok. Freepik)

Tags: nutrisi,   makanan antilelah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *