7 Penyedap Rasa Alami yang bisa Menggantikan MSG atau Mecin

  • Bagikan

7 Penyedap Rasa Alami yang bisa Menggantikan MSG atau Mecin

Agar masakan terasa sedap, MSG atau monosodium glutamat sering menjadi andalan para Moms di dapur. MSG yang sering disebut mecin ini adalah penguat rasa yang membuat rasa makanan Anda semakin pekat di lidah. Ini tentu saja tak sama dengan penyedap rasa instan yang terbuat dari kaldu dan digunakan untuk menambah cita rasa makanan. Penyedap rasa sendiri ada yang ditambahkan mecin atau MSG, sehingga efeknya bisa memperkuat rasa asli makanan juga.

Jika sesekali ditambahkan pada masakan, MSG mungkin tidak masalah. Namun jika ditambahkan terus-menerus setiap kali memasak, efek MSG berlebih tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh, khususnya pada anak. Solusinya, Moms bisa menambahkan penyedap rasa alami yang bisa menggantikan MSG atau mecin. Tentunya ini adalah pilihan yang lebih sehat dan aman ya, Moms. Yuk, ketahui apa saja bahan-bahan di dapur yang bisa dijadikan penyedap rasa alami pengganti MSG.


1. Kedelai

Bahan makanan yang satu ini terkenal akan kadar proteinnya yang tinggi. Uniknya, kedelai juga dikenal memiliki nutrisi yang mirip dengan daging dan sama-sama memberikan rasa gurih umami yang khas. Tak heran banyak makanan Jepang dan Cina yang menggunakan kedelai, tentu karena teksturnya yang lembut, tinggi nutrisi, dan gurihnya mirip protein hewani. Ini cocok banget untuk dikreasikan pada segala masakan Anda dan menggantikan MSG, Moms.

2. Tomat

Aneh tapi nyata, buah tomat benar-benar bisa menjadi alternatif pengganti MSG yang sehat lho, Moms. Buah ini adalah sumber glutamat alami yang memberi rasa umami. Cobalah untuk memanggang tomat sebelum mengolahnya, agar rasa umami pada tomat semakin pekat.


3. Jamur

Bagi para vegetarian, jamur memang selalu bisa diandalkan untuk memperkaya rasa dan aroma makanan. Jamur juga bisa dijadikan pengganti daging dan tentunya pengganti MSG karena rasanya yang gurih lezat. Jamur pun kaya akan protein yang mengandung komponen terkait umami. Coba panggang di wajan sebentar atau masak hingga keluar karamel agar rasa jamur semakin kaya dan pekat. Contoh jamur yang paling kuat rasanya untuk menggantikan MSG adalah shiitake dan portobello.

4. Gula dan Garam

Sudah bukan rahasia lagi, perpaduan gula dan garam memang menghasilkan rasa gurih yang mirip dengan MSG. Perpaduan ini cocok banget untuk memperkuat rasa masakan Anda. Perpaduan gula dan garam harus seimbang dan tidak terlalu banyak ya, Moms, agar rasanya tidak ada yang dominan dan menghasilkan gurih umami yang sedap banget.

5. Kaldu

Baik kaldu sapi, ayam, jamur, maupun kaldu sayuran, semuanya memberikan rasa gurih umami yang bisa menggantikan MSG. Lalu bagaimana jika Moms membuat kaldu dari kaldu instan? Boleh saja, tetapi pastikan produk kaldu instan yang Anda pilih tidak mengandung MSG ya, Moms. Keduanya sama-sama memberikan sensasi gurih pekat dan kaya rasa pada aneka masakan Anda.

6. Keju Parmesan

Keju khas Italia ini terkenal sebagai opsi pengganti MSG yang alami. Proses fermentasi parmesan memecah protein dan menghasilkan asam amino yang memberi rasa gurih. Tak heran, keju parmesan cocok banget digunakan dalam makanan seperti pasta, pizza, risotto, dan berbagai menu khas Italia lainnya. Sayangnya, kelezatan parmesan agak berkurang jika harus ikut dimasak. Lebih mantap jika Moms menaburkannya di atas makanan yang sudah matang.

7. Nutritional Yeast

Ini adalah ragi atau mikroorganisme yang kaya akan vitamin dan mineral. Ini sudah banyak dijual di pasaran dan bisa Anda gunakan sebagai pengganti MSG dan keju bagi vegetarian. Rasanya gurih seperti kaldu jamur dan cocok banget untuk dicampurkan ke dalam berbagai masakan khas Asia.

So, mana yang menjadi andalan Anda untuk menggantikan MSG, Moms? (Tiffany/SW/Dok. Freepik)

Tags: penyedap rasa,   kaldu,   nutrisi,   msg

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *