Hamil Masuk Trimester 2, Kenapa Perut Masih Kecil? – Mamapapa.id

  • Bagikan


Setiap trimester kehamilan tentunya akan ada perubahan yang akan Mams alami, terutama ukuran perut yang semakin hari semakin membesar. Momen perut yang semakin besar, tentu menjadi momen terbaik untuk Mams sebelum Si Kecil lahir. Akan tetapi, bagi sebagian Mams pada trimester kedua akan memiliki bentuk tubuh dengan hamil perut masih kecil loh. Seperti yang kita ketahui, bahwa seharusnya memasuki usia kehamilan ini perut sudah tampak besar dan tampak jika Mams sedang hamil.

Kehamilan sehat bukan hanya terlihat dari ukuran perut, tapi bisa dilihat dari pergerakan Si Kecil di dalam perut yang tumbuh sesuai dengan usia janin nih Mams. Sebagian Mams yang sedang hamil memasuki trimester kedua dan memiliki ukuran perut yang kecil tentunya akan menjadi suatu pertanyaan dan mengeluh mengapa perutnya tak kunjung membesar.

Ukuran rahim tiap ibu hamil berbeda. Namun banyak yang khawatir kenapa perut masih kecil saat sudah memasuki usia kehamilan 12 minggu ke atas. Berikut penjelasannya!

Hamil 12 Minggu ke Atas Perut Masih Kecil

sumber gambar: medicalnewstoday.com

Pernah melihat wanita hamil perut masih kecil? Padahal usia kandungannya sudah lebih dari 12 minggu, atau Mams sendiri yang mengalami hal ini? Memang hal ini akan membuat Mams merasa khawatir, terlebih jika ada yang bertanya mengenai kehamilan yang sedang Mams alami.

Baca Juga: Perkembangan Kehamilan 12 Minggu

Namun tenang Mams, jangan pernah mendengarkan kata orang ya! Tetaplah memiliki pikiran yang sehat ya dan lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui perkembangan janin di dalam rahim. Lalu, apa sih yang mempengaruhi hamil perut masih kecil saat trimester kedua ini? Nah, cari tahu yuk penyebab mengapa sih pada trimester 2 hamil masih kecil?

Kehamilan Pertama

Biasanya kehamilan anak pertama Mams akan memiliki perut lebih kecil dibandingkan hamil anak kedua. Hal ini dikarenakan otot perut dan Rahim yang masih longgar. Bukan hanya itu, hamil anak pertama juga akan membuat perut Mams sering kram. Namun hal ini biasa terjadi, jika kram tidak tertahankan ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter.

Kehamilan Kedua dan Seterusnya

Bukan hanya kehamilan pertama saja saat hamil perut masih kecil, Mams yang sedang menjalani hamil anak kedua atau seterusnya juga akan memiliki bentuk perut yang kecil layaknya hamil pertama. Hal ini dikarenakan otot perut dan Rahim menjadi sangat elastis, sehingga bentuk perut Mams masih tetap kecil walau sudah memasuki trimester kedua. Terlebih bagi Mams yang memili postur tubuh yang tinggi.

Baca Juga: Jarak Kehamilan Terlalu Dekat, Waspada Ancaman Kesehatan!

Mams Memiliki Tubuh yang Tinggi

Tahukah Mams, bentuk tubuh mempengaruhi bentuk perut saat hamil loh! Mams yang memiliki tubuh tinggi dan ideal bahkan cukup tinggi, akan terlihat hamil perut masih kecil. Hal ini dikarenakan Rahim akan tumbuh ke atas, dan janin akan menempati tempat yang longgar di dalam Rahim. Berbeda bagi Mams yang memiliki bentuk tubuh pendek, biasanya akan memiliki bentuk perut yang lebih besar dan terlihat terdorong ke depan sehingga akan terlihat sedang hamil.

Keaktifan Mams saat Hamil

Memiliki segudang aktifitas saat hamil ternyata mempengaruhi bentuk perut Mams loh. Biasanya ini terjadi bagi Mams yang sangat lincah atau telah mengikuti beberapa latihan seperti yoga atau olahraga lainnya sebelum hamil dan melanjutkan latihan saat hamil secara rutin. Namun ingat ya Mams, boleh saja melakukan latihan saat hami tetapi harus tahu mana yang pas dan sesuai untuk dijalani ya. Untuk mendapatkan latihan yang baik selama hamil, jangan lupa untuk melakukan konsultasi pada dokter dan instruktur atau pelatih ya Mams!

Pergerakan Janin

Janin yang sangat aktif juga bisa mempengaruhi bentuk perut Mams loh, pada trimester kedua akhir beberapa janin akan sangat aktif dan mencari posisi di bawah. Jangan kaget ya Mams, janin biasanya akan bergerak beradu punggung dengan Mams loh. Memang rasanya sedikit nyeri jika pergerakan janin lebih aktif, so nikmati proses yang terjadi ya Mams! Ajak Si kecil di dalam rahim untuk berbicara apa yang Mams rasakan.

Ukuran Janin

Pada trimester kedua ini, janin sudah memiliki organ yang hampir sempurna. Mams bisa melakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan Si Kecil di dalam Rahim, tidak perlu khawatir jika hamil perut masih kecil tetapi Si Kecil menunjukkan perkembangan yang baik di dalam rahim. Namun, jika terdapat tanda-tanda yang cukup buruk segera lakukan pemeriksaan agar Mams mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

Baca Juga: Ketahui Ma Tanda Bahaya Kehamilan Sesuai Usia Kandungan!

Nah, sudah tahukan Mams apa penyebab hamil perut masih kecil saat trimester kedua ini? Jangan khawatir, selama dokter menyatakan hasil pemeriksaan baik dan Si Kecil berkembang dengan baik. Hal ini tentu bukan menjadi suatu masalah yang besar jika Mams memiliki perut yang kecil selama kehamilan. Semoga bermanfaat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *