Ini Dia Tips Memilih Sheet Mask Sesuai dengan Jenis Kulitmu!

  • Bagikan
Cantik_Dalam_Waktu_Singkat


Beberapa tahun belakangan, penerapan treatment skin care Korea sedang banyak digemari oleh masyarakat. Salah satu tahapan dan produk yang tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian treatment skin care Korea adalah penggunaan sheet mask.

 

Yup, kertas lembaran berbentuk wajah yang sudah dilengkapi dengan kandungan serum atau essence ini memang terbilang cukup praktis digunakan. Namun dari banyaknya jenis sheet mask yang saat ini beredar di pasaran, kira-kira bagaimana ya cara memiliki sheet mask yang tepat untuk kulitmu? Ingin tahu lebih jauh? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

Baca juga: Ingin Mencoba Sheet Mask? Ketahui Dulu Beberapa Hal Ini!
 

Apa Itu Sheet Mask?

Sebelum mencari tahu bagaimana cara memilih sheet mask yang tepat, Geng Sehat harus tahu dulu nih apa sih sheet mask itu! Sheet mask adalah lapisan tipis berbentuk wajah yang biasanya sudah dibasahi dengan serum atau essence yang sudah terkonsentrasi.

 

Bahan lapisan yang digunakan untuk sheet mask biasanya terbuat dari fiber, kertas, atau gel, yang kemudian dipotong menyerupai bentuk wajah. Pada sheet mask juga terdapat lubang untuk bagian hidung, mata, dan mulut, sehingga Kamu masih tetap bisa bernapas dan melihat secara leluasa saat menggunaan sheet mask.

 

Bagaimana Cara Kerja Sheet Mask?

Sheet mask termasuk cukup efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Tak heran, produk skin care ini sangat populer di kalangan masyarakat. Ketika Kamu menempatkan sheet mask di wajah, lembaran tersebut akan menjaga bahan-bahan yang bermanfaat dari serum atau essence menempel di kulit dan tidak menguap. Selanjutnya, serum akan menembus lapisan kulit, sehingga bisa menutrisinya lebih dalam.

 

Biasanya, setelah 15 menit penggunaan sheet mask, kulit akan terasa lebih kenyal, lembap, dan cerah. Hasil akhir ini biasanya juga tergantung pada kandungan-kandungan tertentu yang terdapat dalam sheet mask.

 

Jika Kamu sudah selesai menggunakan sheet mask, jangan langsung membuangnya, Gengs! Kamu masih bisa lho menggunakan sisa serum yang ada pada sheet mask untuk dioleskan ke bagian leher ataupun area tubuh lain. Lumayan kan Gengs, Kamu bisa mendapatkan skin care tambahan gratis! Hehehe..

 

Berapa Kali Kamu Harus Menggunakan Sheet Mask?

Menggunakan sheet mask bisa dilakukan sesering atau sebanyak yang Kamu inginkan. Beberapa orang ada yang menggunakannya setiap hari, seminggu sekali, atau pada saat-saat tertentu saja, seperti saat kulit terasa sangat kering.

 

Baca juga: Ini 7 Manfaat Menggunakan Sheet Mask bagi Wanita
 

Bagaimana Cara Menggunakan Sheet Mask?

Jika Kamu sudah melakukan teknik double cleansing dan menggunakan toner, essence, serum, dan pelembap, Kamu mungkin jadi agak bingung kapan harus menggunakan sheet mask. Biasanya, sheet mask digunakan setelah Kamu membersihkan wajah dan memakai toner, tetapi sebelum mengenakan pelembap.

 

Jika sheet mask memiliki kandungan yang ringan, Kamu juga bisa menggunakannya di pagi hari sebelum make-up. Namun, sheet mask dengan bahan yang lebih kental sebaiknya hanya digunakan di malam hari. Pasalnya, bahan tersebut akan lebih efektif meresap ke dalam kulit saat Kamu tertidur.

 

Untuk memperoleh hasil maksimal dari penggunaan sheet mask, berikut ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan.

1. Gunakan sheet mask ketika kulit wajah sudah dibersihkan.

2. Hindari menggunakan sheet mask terlalu lama dari waktu yang direkomendasikan. Hal ini bisa menyebabkan iritasi, menyumbat pori-pori, dan menimbulkan jerawat.

3. Jangan langsung menggunakan sheet mask setelah Kamu mengeluarkannya dari kemasan. Lebih baik setelah Kamu membuka kemasannya, keluarkan sheet mask, dan peras serum atau essence secara perlahan di dalam kemasan. Setelah terperas, aplikasikan serum atau essence tersebut ke wajah dan tutup dengan sheet mask. Jika masih ada serum atau essence yang tersisa, Kamu bisa mengaplikasikannya ke bagian leher atau area tubuh lain. Selanjutnya, setelah Kamu selesai menggunakan sheet mask, lepas sheet mask dan pijat lembut area wajah menggunakan serum yang tersisa.

4. Saat mengaplikasikan sheet mask, mulailah dari dahi dan teruskan ke area bawah wajah. Setelah Kamu menempatkan sheet mask dengan benar, tekan-tekan perlahan sheet mask agar serum dapat lebih meresap.

 

 

Bagaimana Cara Memilih Sheet Mask yang Tepat Sesuai Jenis Kulit?

Untuk memastikan sheet mask yang Kamu gunakan bekerja dengan efektif untuk mengatasi masalah kulitmu, tentu Kamu harus memilih jenis sheet mask yang tepat, Gengs. Nah, sebagai panduan, berikut tips yang bisa Kamu terapkan ketika memilih sheet mask.

 

1. Kulit berminyak

Jika Kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, Kamu pasti menginginkan sheet mask yang dapat membersihkan kulit dan mengontrol minyak. Sheet mask dengan kandungan yoghurt, charcoal, dan clay sangat efektif untuk digunakan karena dapat menghilangkan penyumbatan pori-pori dan mengatur produksi minyak.

 

2. Kulit berjerawat

Charcoal, tea tree oil, dan green tea adalah pilihan yang sangat baik untuk Kamu yang memiliki masalah kulit berjerawat. Pasalnya, bahan-bahan ini dikenal memiliki sifat antibakteri. Selain itu, kandungan aloe vera dan snail mucin bisa menjadi pilihan yang baik karena mereka dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi kemerahan.

 

3. Kulit sensitif

Buat Kamu pemilik kulit sensitif, pastikan untuk memperhatikan bahan berbahaya dalam sheet mask yang berpotensi menyebabkan iritasi. Lebih baik, gunakan sheet mask dengan kandungan bahan-bahan alami dan hindari yang mengandung parfum, alkohol, serta pengawet.

 

4. Kulit kering

Kulit kering sangat cocok menggunakan sheet mask dengan kandungan minyak perawatan kulit yang mampu menghidrasi, seperti asam hialuronat, squalene, dan ceramide. Selain itu, kandungan seperti vitamin C, niacinamide, dan ekstrak akar licorice efektif untuk mencerahkan kulit yang kusam

 

Nah, Geng Sehat, itulah beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan ketika ingin menggunakan sheet mask. Kandungan sheet mask yang tepat tentu akan sangat efektif untuk mengatasi masalah kulitmu. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya! (AS)

 

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Skin Care yang Tepat untuk Kulitmu?
 

Referensi

Urban Asian. “Choosing the Perfect Sheet Mask: Where to Start?”.

 

 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *